• Home
  • Dumai
  • Diduga Politik Uang, Caleg PDIP di Dumai Dilaporkan ke Bawaslu

Diduga Politik Uang, Caleg PDIP di Dumai Dilaporkan ke Bawaslu

Rabu, 24 April 2019 | 15:30
DUMAI, RIAUGREEN.COM - MS, salah seorang calon Legislatif DPRD kota Dumai, Pemilihan Dumai Barat-Dumai Selatan terancam sanksi pidana. 

Dirinya diduga melakukan politik uang pada Pemilu 17 April 2019 lalu untuk mempengaruhi masyarakat agar memilih dirinya dengan imbalan pemberian sejumlah uang.

Obbie Nanda (22), salah seorang warga di kelurahan Pangkalan Sesai, Kecamatan Dumai Barat yang mengetahui perbuatan tersebut  melaporkannya kepada Badan Pengawas Pemilu, Selasa (22/04/2019) siang.

Zulpan ST, Ketua Bawaslu kota Dumai membenarkan jika ada laporan masyarakat tentang politik uang yang dilakukan MS caleg nomor urut 9 dan pihaknya akan segera melakukan pemanggilan untuk mencari kebenaran dari laporan tersebut.

"Kita akan segera melakukan pemanggilan terhadap MS terkait laporan politik uang yang dilakukannya," ujarnya kepada awak media.

Menyikapi Politik uang yang jelas melanggar aturan Pemilu, Iwan warga Dumai meminta Bawaslu bertindak tegas dan segera melakukan penyidikan untuk mencari fakta kebenaran.

"Kita minta Bawaslu bersikap tegas jika ada bukti yang kuat segera merekomendasikan caleg tersebut agar didiskualifikasi oleh KPU," sebutnya.

Selain itu jika terbukti, MS juga terancam sanksi Pidana, hal ini sesuai dengan aturan UU Nomor 10 Tahun 2016 Pasal 187A.

"Selain Pidana suara yang diperoleh MS juga bisa dianggap tidak sah," terangnya. (afran)

Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top