• Home
  • Dumai
  • Anggaran Terbatas, Dinas Perpustakaan Dumai Tetap Gelar Lomba Dongeng

Anggaran Terbatas, Dinas Perpustakaan Dumai Tetap Gelar Lomba Dongeng

Rabu, 24 April 2019 | 14:00
Duta pustaka 2018 lalu
DUMAI, RIAUGREEN.COM - Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip menggelar lomba bercerita/mendongeng tahun 2019 yang diikuti pewakilan masing masing SD/MI se-Kota Dumai. Lomba ini digelar di Gedung Sri Bunga Tanjung, Pendopo. Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Dumai, Suryanto. Selasa (23/04).

Kegiatan ini merupakan seleksi tingkat kab/kota dan selanjutnya akan dilaksanakan seleksi tingkat Provinsi hingga tingkat Internasional tahun 2020 di Perth Australia.

"Dengan keterbatasan anggaran kita masih mampu melaksanakan kegitan ini. Perlu ada kolaborasi antara Dinas Perpustakaan, Dinas Dikbud dan Dinas PPA untuk suksesnya acara ini," ucap Suryanto di lokasi acara.

Suryanto juga mengatakan dengan adanya lomba ini akan menarik minat baca anak. Kata demi kata yang didengar anak akan mudah diserap dan menjadi stimulus untuk turut membaca buku.

Selain itu, dengan mendongeng dapat menambah kecerdasan dan memancing daya nalar anak. Anak-anak akan belajar tentang berbagai karakter, kebiasaan, watak dan sifat tokoh-tokoh yang terdapat dalam dongeng.

"Dengan mendongeng dapat menimbulkan empati dan imajinasi. Selain itu, melalui dongeng yang diceritakan oleh orang tua dapat menumbuhkan rasa empati, kreativitas dan daya imajinasi anak," katanya.

Kegiatan mendongeng juga sangat efektif dalam mempererat keakraban antara orang tua/guru dengan anak. Interaksi antara si pendongeng dan anak merupakan awal membangun komunikasi yang erat dengan anak.

Dikatakannya juga mendongeng akan membangun Internalisasi nilai-nilai kepribadian anak. Selain itu, melalui dongeng kita dapat menyisipkan pelajaran berharga.

"Banyak dongeng yang mengandung nilai-nilai motivasi membangun diri, moral dan pembentukan karakter yang sangat positif untuk anak-anak," pungkas Suryanto.

Dilokasi acara terlihat anak-anak peserta membawakan cerita yang beragam. Mulai dari cerita rakyat Dumai maupun luar daerah. Beberapa cerita dan dongeng yang dibawakan adalah cerita Putri Tujuh, asal mula Lubuk Gaung dan asal mula Bangsal Aceh.(disk).

Loading...
BERITA LAINNYA
Dua lokasi di Dumai Kembali Digeledah KPK
Selasa, 13 Agustus 2019 | 15:09
MTQ XVI Kota Dumai akan Diikuti 187 Peserta
Rabu, 31 Juli 2019 | 18:51
“Gelorakan Semangat Mencintai Keluarga”
Selasa, 30 Juli 2019 | 08:52
IKMR Nyatakan Sikap Tak Berpolitik Praktis
Senin, 29 Juli 2019 | 11:34
BERIKAN KOMENTAR
Top