• Home
  • Dumai
  • Tahun Depan Pemko Dumai Terapkan e-LAKIP
INFOTORIAL

Tahun Depan Pemko Dumai Terapkan e-LAKIP

Jumat, 13 April 2018 | 13:14
DUMAI, RIAUGREEN.COM – Tahun depan, Pemerintah Kota Dumai mulai menerapkan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah berbasis IT atau e-LAKIP. Menjelang itu, aparatur Pemko Dumai mendapat bimbingan teknis tentang penggunaan aplikasi e-LAKIP di ballroom hotel Grand Zuri Dumai Selasa (10/04/18)

"Bimtek diharapkan bisa dijadikan forum untuk sharing dan berbagi pengalaman dalam pengembangan tugas pokok dan fungsi masing-masing dalam mensukseskan e-Lakip di Kota Dumai," ujar Walikota Dumai H Zulkifli As saat membuka bimtek tersebut.

Pembukaan Bimtek dihadiri seluruh Kepala OPD di lingkup Pemko Dumai tetmasuk seluruh Camat se Kota Dumai. Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung dua hari, 10 sampai degan 11 April 2018, bertujuan meningkatkan kemampuan dan pemahaman ASN dalam melaporkan kinerja ke dalam sistem aplikasi yang disebut e-Lakip. Sehingga ke depan akan terwujud manajemen pemerintahan yang transparan, partisipatif, akuntabel dan berorientasi pada hasil. Kegiatan ini sskaligus untuk mewujudkan program smartcity yang telah di gagas sejak 2017.

Mengingat pentingnya pelaksanaan e-LAKIP ini, Zul As berharap agar seluruh peserta pelatihan dapat mengikuti pelatihan ini secara sungguh sungguh dari awal sampai akhir. Jangan ada yang meninggalkan tempat sebelum acara selesai.

Ini bertujuan agar apa yang disampaikan oleh narasumber dapat dipahami dan diaplikasikan dengan baik. "Kepada narasumber kami mengucapkan terimakasih atas bantuan dan dedikasinya kepada Pemko Dumai," ujarnya.

Menyinggung tentang akuntabilitas Pemko Dumai tabun 2017, walikota menjelaskan bahwa dari hasil evaluasi Kemenpan-RB, nilai akuntabilitas Kota Dumai baru mencapai nilai CC atau cukup baik dengan skor berkisar dari 50 sampai dengan 65. Tahun 2018 ini ditargetkan mampu mencapai nilai B dengan skor 65 sampai dengan 75.

"Mudah-mudahan ini bisa tercapai. Mengingat implementasi e-Lakip didalam penyusunan LKj-IP ditingkat OPD dan di tingkat Kota secara bertahap sudah kita lakukan. Kita juga sudah berkomitmen untuk meningkatkan kinerja masing-masing OPD," harap wako

Beberapa rekomendasi sudah diberikan oleh Tim Evaluasi dari Menpan RB dalam upaya memperkuat Sistem Akuntabilitas Kinerja di Kota Dumai. Rekomendasi juga dalam kaitan meningkatkan Nilai Lakip yakni dengan pemanfatan sistem pelaporan dengan berbasis IT atau e-Lakip. (Inf)

BERITA LAINNYA
Pemko Dumai Gunakan Perkada Ditolaknya RAPBD-P
Kamis, 18 Oktober 2018 | 11:37
BERIKAN KOMENTAR
Top