• Home
  • Dumai
  • Massa Mulai Lempari Kantor KPU Dumai dengan Batu dan Air Mineral

Massa Mulai Lempari Kantor KPU Dumai dengan Batu dan Air Mineral

Selasa, 30 Januari 2018 | 00:26
Polres Dumai Gelar Simulasi Sispam Pilgub Riau 2018
DUMAI, RIAUGREEN.COM - Guna mengantisipasi kerusuhan saat pelaksanaan Pilgub Riau 2018 Polres Dumai menggelar simulasi sistem pengamanan (Sispam) Pilgub Riau 2018, Senin (29/1/2018) dilapangan taman bukit gelanggang Jalan HR Subrantas Dumai.

Sekenario Simulasi Sispam Pilgub 2018 adalah adanya pihak-pihak yang tidak terima karena namanya tidak masuk dalam  DPT. Hal tersebut diketahuinya saat hendak menggunakan hak suaranya di salah satu TPS menggunakan KTP karena tidak mendapatkan undangan dari KPU.

Petugas di TPS berusaha memberikan penjelasan sesuai peraturan yang berlaku. Ia dan teman-temannya merasa tidak puas atas jawaban petugas. Massa yang tak puas merusak kotak suara serta membanting meja dan kursi yang ada di TPS.

Salah satu petugas melaporkan kejadian itu ke Mapolres. Kapolres mengutus tim guna melakukan negosiasi. Akhirnya masa sepakat untuk menyelesaikan persoalan ini di KPU.

Puluhan masa Massa didampingi tim negosiator Polres Dumai mendatangi kantor KPU sambil berorasi. Mereka kemudian masuk ke kantor KPU untuk berdiskusi. Namun diskusi menemui jalan buntu yang membuat massa emosi dan kehilangan kesabaran.

Massa di luar gedung KPU mulai melakukan pelemparan batu dan air mineral dan melakukan tindakan diluar batas kewajaran. puluhan personil kepolisian membuat pagar betis di depan kantor KPU.

Masa yang jumlahnya cukup banyak sulit di tenangkan. Beberapa orang diduga propokator terus melakukan provokasi agar masa merusak kantor KPU. Tim negosiator Polisi yang menemui pendemo dilapangan di tolak. Bahkan dilempari oleh pendemo menggunakan batu dan air mineral. Situasi semakin memanas.

Hingga akhirnya puluhan Anggota dalmas dengan tameng diturunkan untuk menghalangi massa yang berusaha merusak kantor KPU. Tindakan tegas pun dilakukan. Personel dalmas dibantu mobil water canon dengan semprotan airnya mendesak massa agar mundur.

Personel pengurai massa dengan motor trailnya juga dinturunkan dan berusaha membubarkan massa dengan tembakan gas air mata. Hingga akhirnya puluhan masa membubarkan dirinya masing-masing. Beberapa orang pendemo termasuk aparat kepolisian mengalami luka-luka terkena lemparan batu. Mereka langsung dilarikan ke Rumah Sakit terdekat menggunakan mobil ambulance Polres Dumai.

"Ini merupakan latihan atau simulasi pengamanan Pilgub Riau 2018 dalam rangka Operasi Mantap Praja Muara Takus 2018." ujar Waka Polres Dumai Kompol Yudi Phalmi. DJ, S.I.K di lapangan.

Ia mengapresiasi Satuan Sabhara yang dengan lancar berhasil melakukan simulasi pengamanan pilkada serentak 2018. " Dan untuk selanjutnya tetap akan ada pelatihan dan simulasi lain untuk terus meningkatkan keterampilan teknis dan taktis menghadapi Pilkada serentak 2018," tuturnya.

Simulasi Sispam Pilkada 2018 dihadiri Ketua KPU Dumai H Darwis SAg, Ketua Panwaslu Dumai Supratman, Forkompimda Kota Dumai dan undangan lainnya.

Sedangkan  personil yang terlibat, diantaranya,1 (satu) Pleton Pasukan Dalmas Inti, 1 (satu) Pleton Pasukan Dalmas Awal, 1 (satu) Pleton Pasukan Raimas, 1 (satu) Pleton Personil Sat Lantas, 2 (dua) pleton Tim Bulshit (pendemo) dan 1 (satu) Regu Tim Medis RS Bhayangkara. (ka)


BERITA LAINNYA
4000 Warga Dumai Sedang Ngantri Naik Haji
Selasa, 07 Agustus 2018 | 18:54
Polsek Dumai Timur Bekuk Diudga Pengedar Sabu
Selasa, 31 Juli 2018 | 11:37
BERIKAN KOMENTAR
Top