• Home
  • Dumai
  • Kapal Bermuatan 300 Ton Minyak Hitam Ilegal Ditangkap KSOP Dumai

Kapal Bermuatan 300 Ton Minyak Hitam Ilegal Ditangkap KSOP Dumai

Jumat, 19 Januari 2018 | 16:09
DUMAI, RIAUGREENCOM - Petugas Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Dumai mengamankan Kapal MT Pratama 128. Kapal ini memuat crude oil sekitar 300 ton tanpa dokumen atau ilegal.

Kapal pengangkut barang tersebut sedang labuh di Kawasan Mundam, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai sejak, Jumat (12/1/2018) kemarin. Ada dugaan kapal ini melakukan aktifitas ilegal di sekitar Sungai Kemeli di daerah itu.

Dikutip dari Tribun Pekanbaru, para awak kapal mengaku tidak tahu asal muatan minyak hitam karena sudah melakukan pergantian awak kapal usai bersandar di sana. Dan tidak melaporkan proses pergantian nahkoda dan awak kapal kepada Pihak KSOP Dumai.

"Aktifitas mereka mencurigakan. Maka kami amankan kapal dan minta keterangan dari awal kapal," ujar Kasubag Umum dan Humas KSOP Dumai, Herry Yose Purba, Kamis (18/1/18) kemarin.

Menurutnya, aktifitas MT Pratama 128 terungkap setelah Kapal Patroli KNP 344 mendapati kapal MT Pratama berlabuh di Perairan Mundam, Jum'at pekan lalu. Kapal ini seharusnya berlabuh di Dermaga Pelindo Dumai.

Petugas Patroli curiga kapal tersebut berlabuh di tempat yang tidak seharusnya. Mereka juga memeriksa kapal yang harusnya dalam kondisu kosong. Petugas menemukan keganjilan lantaran kapal sarat muatan.

Awak kapal tidak melengkapi muatan dengan dokumen resmi. Petugas langsung memeriksa enam awak kapal. Mereka juga mengarahkan kapal untuk labuh di Dermaga Pelindo Dumai.

"Mereka tak mau. Mereka beralasan karena tidak punya bahan bakar," terang Herry.

Petugas melakukan pemeriksaan selama beberapa hari. Pengakuan awak kapal telah terjadi pergantian awak kapal. Empat orang sudah berlabuh lebih dulu tanpa sepengetahuan KSOP Dumai.

"Posisi Nahkoda dan chief officer sudah digantikan. Mereka tidak menyampaikan adanya perubahan awak kapal," terangnya.

(rdk/rdk)


BERITA LAINNYA
IMKD Pekanbaru Gelar Road Show di Kota Dumai
Minggu, 28 Januari 2018 | 14:22
BERIKAN KOMENTAR
Top