• Home
  • Dumai
  • 562 Unit Rumah Layak Huni Ditargetkan Terbangun di Dumai

562 Unit Rumah Layak Huni Ditargetkan Terbangun di Dumai

Senin, 08 Januari 2018 | 11:58
Foto Ilustrasi
DUMAI, RIAUGREEN.COM - Pemerintah Kota Dumai targetkan membangun sebanyak 562 unit rumah sehat layak huni dan rumah sederhana sehat layak huni pada 2018 ini bersumber anggaran daerah dan pusat.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Dumai Zulkarnain mengatakan, rencana pembangunan rumah layak huni ini berbiaya sekitar Rp12 miliar untuk mendukung program perumahan rakyat.

"Pada 2018 ini bakal dibangun 562 unit rumah layak huni di dumai dengan pembiayaan sekitar Rp12 miliar," kata Zulkarnain kepada pers, akhir pekan lalu.

Disebutkan, pembangunan rumah rakyat ini merupakan program bantuan perumahan swadaya, dengan pembagian anggaran 280 unit APBN, 165 unit didukung anggaran Provinsi Riau, dan 20 APBD Dumai.

Selain itu, pemerintah juga akan membangun 97 unit pembangunan baru rumah swadaya dan peningkatan kualitas rumah swadaya dengan anggaran bersumber dana alokasi khusus.

Dinas Perkim Dumai menyatakan saat ini ada ribuan rumah tak layak huni di Dumai, yaitu tercatat sebanyak 2.431 unit tersebar di 33 kelurahan tujuh kecamatan, dengan sebagian besar berada di perkotaan.

"Rumah tidak layak huni secara bertahap kita bangun dan renovasi dalam program perumahan rakyat, dengan target warga ekonomi menengah ke bawah berpenghasilan di bawah upah minimum provinsi.

"Masyarakat ekonomi lemah memiliki lahan sendiri bisa mengusulkan atau membangun rumah baru ke pemerintah dalam program perumahan rakyat ini," sebutnya.

Sedangkan pada 2017 lalu, pemerintah sudah membangun 546 unit rumah layak huni tersebar di 14 kelurahan dengan gelontoran dana pembangunan rumah rakyat ini mencapai Rp14,8 miliar.

Adapun bantuan tiap unit rumah bervariasi, dimulai Rp15 juta untuk peningkatan kualitas rumah swadaya, pembangunan baru Rp30 juta, pembangunan RSLH Rp50 juta dan RSSLH Rp65 juta. (mcr)

BERITA LAINNYA
Polisi Ciduk Pengedar Sabu di Bukit Nenas
Jumat, 12 Januari 2018 | 11:47
BERIKAN KOMENTAR
Top