• Home
  • Dumai
  • Ribuan Peserta Ikuti Perkemahan Akbar Pramuka 60 Tahun Pertamina

Ribuan Peserta Ikuti Perkemahan Akbar Pramuka 60 Tahun Pertamina

Sabtu, 16 Desember 2017 | 19:09
Berita Terkait:
DUMAI, RIAUGREEN.COM - Sedikitnya sekitar 2000 an peserta mengikuti Perkemahan Akbar Pramuka sempena HUT Pertamina ke 60 Tahun 2017 yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Gugus Depan (Gudep) 07.005 - 07.006 Bukit Datuk, Komplek Perumahan Pertamina RU II Dumai.

Ribuan peserta Perkemahan Akbar Pramuka ini berasal dari Kota Dumai dan luar Kota Dumai, bahkan juga dihadiri oleh anggota Pramuka asal Negera Malaysia.

"Peserta perkemahan berasal dari 60 pangkalan gugus depan dari Kwartir Cabang Kota Dumai dan Rokan Hilir, Kampar, Siak, Rokan Hulu, Bengkalis serta Agam Sumatera Barat sebanyak 1600 anggota Pramuka Penggalang dan Penegak. Untuk Pramuka Penggalang dan Penegak mengikuti Perjusami (15-17/12/2017). Sedangkan untuk anggota Pramuka Siaga dengan jumlah peserta sekitar 400 orang ini akan mengikuti Persari yang akan berlangsung pada Minggu (besok,red)," ujar Ketua Panitia Perkemahan Akbar Pramuka 60 Tahun Pertamina tahun 2017, Sulisnur.

Dijelaskan Sulisnur yang juga Kepala SMA YKPP Dumai ini, dalam perkemahan pramuka kali ini ada delapan (8) jenis perlombaan untuk anggota Pramuka Penggalang dan Penegak, diantaranya, lomba Pentas Seni, Scout Chef, Pionering, Hasta Karya dan Teknologi Tepat Guna (TTG), Design Poster, SMS, Gapura Tenda dan Senam Pramuka Jilid II.

"Sedangkan untuk Pramuka Siaga hanya ada lima perlombaan yakni, Hasta Karya, Mewarnai, Tiup Balon, Balap Karung Pakai Helm, Adzan dan hafalan surat pendek," jelasnya.

Lanjut Sulisnur, untuk pemenang setiap mata perlombaan akan diberikan hadiah berupa piala, masing - masing juara I, II dan III dengan total 156 piala dan 18 piala juara umum.

"Pada perkemahan ini kembali akan diperebutkan piala bergilir Pramuka Penggalang dan Pramuka Penegak. Dimana tahun sebelumnya, piala bergilir tersebut diraih oleh Pramuka SMP Negeri 7 Dumai dan Pramuka SMA Negeri I Solok," bebernya.

Untuk mendukung pelaksanaan perkemahan 60 tahun pertamina, kata Sulisnur, telah dilakukan renovasi sarana prasarana, diantaranya, pengecatan pendopi, pembangunan MCK dan Fasilitas jembatan oleh Management RU II Dumai.

"Untuk itu, kami sangat mengucapkan terima kasih kepada Pertamina dan kepada Pembina Pendamping atas darma baktinya secara sukarela dalam mempersiapkan adik-adik penggalang dan penegak untuk kegiatan ini," ucapnya.

Terakhir Sulisnur menyebutkan, Perkemahan Akbar Pramuka 60 Tahun Pertamina yang mengangkat tema "Bersaudara -Berkarakter - Berprestasi " dengan motto " Satyaku Kudarmakan - Darmaku Kubaktikan" bertujuan, memupuk rasa persahabatan, persaudaraan, persatuan dan perdamaian. Membina dan mengembangkan sikap teguh, disiplin, mandiri, peduli dan bertanggung jawab. Membangun jiwa patriotisme dan nasionalisme. Membangun rasa cinta alam dan memeriahkan HUT ke 60 Pertamina tahun 2017.

"Dan perkemahan ini juga dimeriahkan oleh stand - stand bazar," tukasnya. (dik)


BERITA LAINNYA
Tiga Pria Dibekuk Polres Dumai di Kontrakan
Sabtu, 14 April 2018 | 14:08
Tahun Depan Pemko Dumai Terapkan e-LAKIP
Jumat, 13 April 2018 | 13:14
Sekda Dumai Hadiri FGD Dana Bagi Hasil di Batam
Selasa, 10 April 2018 | 23:03
Lagi, 19,98 kg sabu Diamankan di Dumai
Kamis, 29 Maret 2018 | 23:30
BERIKAN KOMENTAR
Top