• Home
  • Dumai
  • Tingkatkan Pelayanan, UPT Terminal Barang Dishub Dumai Berbenah

Tingkatkan Pelayanan, UPT Terminal Barang Dishub Dumai Berbenah

Kamis, 07 Desember 2017 | 16:35
KA UPT Terminal Barang dan Kasubag TU Terminal barang sedang memantau kondisi di Terminal Barang
DUMAI, RIAUGREEN.COM - SEBAGAI salah satu penyumbang terbesar Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Kota Dumai, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Barang Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai terus berusaha untuk meningkatkan pelayanannya.

Dimana, UPT Terminal Barang yang berada di Jalan Sokarno Hatta, Kelurahan Bagan Besar, Kecamatan Bukit Kapur tersebut terus melakukan pembenahan serta mengupayakan untuk melengkapi sarana dan prasarana yang ada di wilayahnya.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai Asnar SP melalui Kepala UPT Terminal Barang Dishub Dumai Ramlan mengatakan, peningkatan fasilitas harus memperhatikan semua sarana dan prasarana yang ada.

"Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan kepada pengguna jasa angkutan yang masuk ke wilayah UPT Terminal Barang," katanya.

Ada beberapa sarana yang harus diperbaiki maupun diganti guna mewujudkan pelayanan yang lebih optimal dan maksimal dalam rangka peningkatan pelayanan dan tentunya juga berdampak pada peningkatan PAD.

Menurutnya, Langkah yang harus dilakukan oleh UPT Terminal Barang untuk meningkatkan pelayanan yakni dengan melakukan penambahan dan merenovasi beberapa fasilitas sarana di terminal barang dan harus mendapatkan dukungan dari semua pihak. Sebab hal ini menyangkut kenyamanan dan juga keamanan armada yang parkir dalam lingkup terminal barang.

"Tujuan melengkapi dan memperbaiki fasilitas ini diperlukan untuk kenyamanan para sopir yang beristirahat di terminal agar mendapat pelayanan maksimal dengan memanfaatkan sejumlah fasilitas yang ada. Untuk itu, semua pihak terkait harus cepat tanggap dalam merespon, guna mendukung perbaikan dan meningkatkan fasilitas pelayanan yang ada di terminal barang," harapnya.

Ramlan menerangkan, bahwa saat ini ketersediaan sarana dan pelayanan publik di terminal perlu untuk dilakukan perbaikan demi memberikan rasa nyaman kepada supir angkutan barang/cpo dan pengguna lainnya yang ada di terminal.

"Fasilitas yang harus diperbaiki tersebut diantaranya pelataran parkir, trotoar kastin, penerangan area terminal, karena menyangkut keamanan terminal, air untuk keperluan sehari-hari, pagar terminal yang sudah perlu dilakukan perbaikan karena berdampak bagi keamanan. Selain itu, sarana publik lainnya yang dibutuhkan ialah penambahan areal parkir yang yang saat ini dinilai masih kurang memadai," jelas Ramlan.

Ditambahkannya, menyangkut dengan kapasitas angkutan barang/cpo yang padat di Terminal Barang, maka selaku pihak penyelenggara haruslah meningkatkan perhatian terhadap kondisi terminal saat ini.

Diketahui, Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang ditargetkan dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Barang pada Dinas Perhubungan Kota Dumai pada tahun 2017 ini yakni sebesar Rp.17 Miliar lebih dan hingga tanggal 20 November 2017 ini, PAD yang telah dihasilkan dari UPT Terminal Barang Dishub Kota Dumai telah mencapai Rp.16.494.734.500,-.

"Ahamdulillah, PAD yang telah dihasilkan dari UPT Terminal Barang dari Januari hingga 20 November 2017 sudah mencapai Rp. 16 Miliar lebih dan angka ini tentunya lebih baik dari tahun sebelumnya," ungkap Asnar SP, MSi selaku Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai.

Asnar Optimis perolehan PAD dari UPT Terminal Barang yang telah ditetapkan Pemerintah Kota (Pemko) Dumai tahun 2017 ini sebesar Rp. 17 Miliar lebih dapat tercapai. " Kita optimis target yang telah ditetapkan bisa kita capai hingga akhir tahun ini," imbuh Asnar. (Adv)


BERITA LAINNYA
Satu Pelajar SMP di Dumai Terlibat Pungli
Jumat, 01 Desember 2017 | 11:51
APBD Dumai Tahun 2018 Disahkan Sebesar 1,065 Triliun
Minggu, 26 November 2017 | 23:33
Gasak Sarang Walet, Dua Pemuda di Dumai Digaruk
Senin, 20 November 2017 | 12:01
Ternyata Segini Besaran UMK Dumai Tahun 2018
Jumat, 17 November 2017 | 21:17
BERIKAN KOMENTAR
Top