• Home
  • Dumai
  • Inalum dan Pertamina Patungan Bangun Pabrik Bahan Baku Aluminium di Dumai

Inalum dan Pertamina Patungan Bangun Pabrik Bahan Baku Aluminium di Dumai

Minggu, 01 Oktober 2017 | 13:52
Pertamina RU II Dumai
DUMAI, RIAUGREEN.COM - PT Pertamina dan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) akan membentuk perusahaan patungan (joint venture) guna membangun pabrik bahan baku aluminium (calcined petroleum) di Dumai, Riau pada tahun depan.Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko Pertamina Gigih Prakoso menjelaskan, pihaknya berencana mengambil alih kepemilikan sekitar 75 persen pada perusahaan patungan tersebut. Kendati demikian, Gigih belum bisa membagi angka investasi yang dibutuhkan kedua perusahaan pelat merah itu untuk membangun pabrik.

"Sisanya, Inalum 25 persen. Tapi hasil produksi bahan baku itu nanti untuk Inalum semua," kata Gigih di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jumat (29/9/2017), dilansir potretnews.com dari cnnindonesia.com.

Gigih pun mengaku pihaknya juga belum menentukan target kapasitas produksi bila pabrik sudah mulai beroperasi. Saat ini, kedua perusahaan masih terus merampungkan rencana tersebut. Namun, tahapan konstruksinya tetap diupayakan bisa terjadi mulai tahun depan. "Sedang kami percepat supaya bisa langsung tahap kontruksi. Sore ini kami tuntaskan," kata Gigih.

Sementara itu, Menteri BUMN Rini Soemarno mengaku, rencana pembentukan perusahaan patungan ini sebenarnya sudah bergulir sejak tiga tahun lalu. Untuk itu, ia pun memberikan dukungan penuh terhadap kerja sama yang melibatkan dua BUMN tersebut.

"Sejak tiga tahun saya di sini, joint venture tidak kelar-kelar. Sampai saya pernah berpikir apa perlu saya tongkrongin dulu ini Pertamina," ungkap Rini. (CNNIndonesia)

BERITA LAINNYA
Satu Pelajar SMP di Dumai Terlibat Pungli
Jumat, 01 Desember 2017 | 11:51
APBD Dumai Tahun 2018 Disahkan Sebesar 1,065 Triliun
Minggu, 26 November 2017 | 23:33
Gasak Sarang Walet, Dua Pemuda di Dumai Digaruk
Senin, 20 November 2017 | 12:01
Ternyata Segini Besaran UMK Dumai Tahun 2018
Jumat, 17 November 2017 | 21:17
BERIKAN KOMENTAR
Top