• Home
  • Dumai
  • Gangguan Kesehatan, Dua Jemaah Calon Haji Dumai Batal Berangkat

Gangguan Kesehatan, Dua Jemaah Calon Haji Dumai Batal Berangkat

Jumat, 04 Agustus 2017 | 14:22
Walikota lepas keberangkatan jemaah calon haji asal Dumai.
DUMAI, RIAUGREEN.COM - Dua dari 212 Jemaah Calon Haji (JCH) tahun 1438 H/2017 M asal Kota Dumai batal berangkat ke baitullah melaksanakan ibadah haji bersama rombongan JCH lainnya pada Jumat (4/8/2017) pagi ini.

Hal ini dikarenakan kedua nya mengalami gangguan kesehatan, yakni Maghdalena (54) dan Askirman (62). Keduanya mengalami penyakit dengan resiko tinggi. Maghdalena mengalami stroke, sedangkan Askirman merupakan pasien gagal Ginjal.

"Keduanya batal berangkat tahun ini dengan pertimbangan kesehatan," ujar Kanwil Kemenag Dumai, Syafwan disela kegiatan pelepasan JCH.

Mereka dinyatakan tidak bisa berangkat, walau sempat menjalani serangkaian persiapan Haji. Seperti menjalani manasik haji di tingkat KBIH hingga tingkat kota. Namun kondisi tubuh keduanya tidak menungkinkan untuk bisa menunaikan ibadah haji.

Apalagi kesehatan keduanya cendrung menurun. Sebab kondisi kesehatan keduanya sudah diprediksi jelang menjalani manasik haji. Bahkan pihak keluarga khawatir bila keduanya tetap memaksakan diri untuk berangkat ke tanah suci.

Menurutnya, Tim Kesehatan JCH di Dumai juga sudah melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh terhadap para jemaah. Mulai dari pemeriksaan fisik hingga suntik meningitis. Sehingga para JCH diharapkan bisa menjalani rangkaian ibadah haji dengan Baik.

Walau demikian, JCH asal Dumai kembali menjalani pemeriksaan kesehatan di Embarkasi Batam. Ini adalah pemeriksaan akhir yang dilakukan oleh tim kesehatan. Mereka yang dinyatakan sehat bakal memperoleh buku kesehatan.

"Jadi mereka yang dinyatakan sehat akan menerima buku kesehatan. Buku ini diberikan setelah tim kesehatan dari pusat memastikan para JCH yang berangkat dalam keadaan sehat," paparnya.

Mereka akan dibagi dalam lima rombongan, setiap rombongan terdapat 45 orang. Kemudian mereka dibagi dalam 20 regu, setiap regu terdapat 11 orang. Maka ia berharap para JCH bisa saling melindungi satu sama lain. Serta menjaga kesehatan, sebab di Mekah memasuki musim panas.

BERITA LAINNYA
20 Pendaftar Caleg PAN Dumai dari Kalangan Muda
Minggu, 15 Oktober 2017 | 12:16
DPD PAN Dumai Pastikan Sebagai Peserta Pemilu
Minggu, 15 Oktober 2017 | 12:14
Zul As Gesa Perwako Rekrutmen 100 Persen Naker Lokal
Selasa, 19 September 2017 | 15:37
BERIKAN KOMENTAR
Top