• Home
  • Dumai
  • Wali Kota Dumai Dorong Penyediaan Listrik Ditingkatkan

Wali Kota Dumai Dorong Penyediaan Listrik Ditingkatkan

Rabu, 17 Mei 2017 | 16:22
DUMAI, RIAUGREEN.COM - Multistakeholder Forum dan Collective Action PT. PLN (Persero) Area Dumai dihadiri langsung oleh Walikota Dumai, Zulkiflia As, Asisten II perekonomian dan pembangunan Setdako Dumai, GM PLN rayon Dumai dan pimpinan perusahaan kota Dumai, Selasa (16/05/2017).

Dalam sambutan Walikota Dumai yang diwakili Ass II mengatakan Sebagaimana kita ketahui bersama, merupakan suatu fakta yang tidak terbantahkan bahwa kemajuan suatu daerah berbanding lurus dengan adanya ketersediaan pasokan tenaga listrik yang mencukupi bagi menunjang segenap rangkaian kegiatan pembangunan.

Segala sektor maupun bidang yang menjadi andalan dalam menggerakkan ekonomi daerah pada umumnya sangat bergantung pada kemampuannya dalam menyediakan listrik. Selain sektor ekonomi, masih banyak lagi sektor-sektor lain yang mengambil nafas dari tenaga listrik ini, beberapa yang dapat saya sebutkan disini adalah dalam rangka upaya kita memenuhi ketersedian energy listrik pada sektor industri. Dalam era globalisasi dan teknologi informasi dewasa ini, kebutuhan terhadap listrik mungkin sudah bisa disejajarkan dengan kebutuhan dasar sehari-hari.

Untuk itulah, tenaga listrik mempunyai peran yang sangat penting dan strategis dalam mewujudkan tujuan pembangunan, maka usaha penyediaan tenaga listrik dikuasai oleh negara dan penyediaannya perlu terus ditingkatkan sejalan dengan perkembangan pembangunan agar tersedia tenaga listrik dalam jumlah yang cukup, merata, dan bermutu. Energi listrik sangat berpengaruh terhadap laju perkembangan daerah. Listrik adalah salah satu pusat perhatian para investor yang ingin berinvestasi terhadap daerah tersebut. Krisis listrik akan menjadi bahan pertimbangan yang cukup berpengaruh. Bagaimana jadinya jika pendapatan daerah bergantung pada perusahaan-perusahaan industri yang bergantung pada energi listrik, sementara pasokan energy ini sangat terbatas.

Berbagai upaya telah dan hendaknya agar terus dilakukan PT. PLN (Persero) Area Dumai untuk menjamin ketersedian supply tenaga listrik yang benar-benar mencukupi sekaligus pelayanan yang lebih baik lagi bagi seluruh aktifitas perekonomian di Kota Dumai ini. Salah satu dari sekian banyak upaya tersebut, adalah Forum yang kita laksanakan pagi ini.

Atas nama Pemerintah Kota Dumai, saya menyambut positif atas dilaksananya Multistakeholder Forum dan Collective Action PT. PLN (Persero) Area Dumai. Dengan duduk bersama mendiskusikan berbagai hal tentang Supply and Demand ketenagalistrikan ini, insya Allah akan didapat kesepahaman dan road map kemana arah perkembangan energy listrik; apa kontribusi masing-masing stakeholder terkait dalam mensukseskannya; dan lain sebagainya.

Terlebih lagi, forum ini diikuti oleh segenap pemangku kepentingan terkait baik dari pihak Pemerintah, Perusahaan dan sektor Swasta, Mitra PT. PLN, Vendor dan Pelanggan secara umum.

Melalui forum ini pula akan terbangun kedekatan antara seluruh Multi-stakeholder yang saya sebutkan tadi, sehingga kemudian dapat saling tukar-menukar masukan atau feedback yang tentunya bermuara pada semakin meningkatnya pelayanan ketenagalistrikan di Kota Dumai.

Pemerintah yang memang tugasnya mendorong dan memfasilitasi segala bentuk aktifitas penyediaan jasa/layanan publik, tentu akan dapat berperan lebih aktif lagi dalam hal administratif, legalitas dan regulasi, misalnya dalam penyediaan pengurusan perizinan.

Apalagi perencanaan kedepan tentang perluasan/penambahan kawasan industri, kepelabuhanan yang telah ada dirasakan suatu keniscayaan mengingat potensi geo-ekonomis Kota Dumai. Ujar ass II symasuddin st.mt.

Acara juga dilanjutkan dengan penandatangan nota atau mengenai komitmen mendukung pelayanan pln oleh walikota Dumai beliau hadir sebentar di sela-sela kesibukan sebagai walikota dumai. (infotorial/hms/r1)

BERITA LAINNYA
Gasak Sarang Walet, Dua Pemuda di Dumai Digaruk
Senin, 20 November 2017 | 12:01
Ternyata Segini Besaran UMK Dumai Tahun 2018
Jumat, 17 November 2017 | 21:17
Puluhan Anak Punk di Dumai Digaruk Satpol PP
Sabtu, 04 November 2017 | 15:19
40 Pengendara di Dumai Kena Tilang
Kamis, 02 November 2017 | 15:40
BERIKAN KOMENTAR
Top