• Home
  • Dumai
  • Zul As: Komunikasi Sosial Proses Sosialisasi Pencapaian Stabilitas

Zul As: Komunikasi Sosial Proses Sosialisasi Pencapaian Stabilitas

Rabu, 17 Mei 2017 | 16:15
Walikota Dumai Zulkifli As
DUMAI, RIAUGREEN.COM - Kegiatan komunikasi sosial dengan aparatur pemerintah Kota Dumai di wilayah kodim 0302 Dumai digelar di gedung kodim 0302 Dumai jalan SS kasim, Selasa 16 Mei 2017.

Di sela-sela kesibukan Walikota Dumai H. Zulkifli As mengikuti kegiatan komunikasi sosial yang diselenggarakan oleh Kodim 0302, beserta ketua DPRD Dumai, Forkominda kota Dumai, dandim 0302 kota Dumai, aparatur sipil negara dan tokoh masyarakat ikut menyimak laporan dari dandim kota Dumai yaitu pemaparan tentang kegiatan sosial yang di gagas oleh Dandim dan panglima TNI selaku pembina tertinggi di TNI menggalakan tentang pertanian, perkebunan, peternakan, pertanian dan kebakaran hutan dan lahan.

Selain itu juga walikota Dumai dalam sambutannya juga menegaskan Komunikasi sosial merupakan suatu proses sosialisasi untuk pencapaian stabilitas sosial. Tertip sosial, penerusan nilai nilai lama dan baru yang diagungkan oleh suatu masyarakat melalui komunikasi sosial kesadaran masyarakat dipupuk, dibina, serta diperluas. Melalui komunikasi sosial yang kita bangun, maka masalah masalah sosial dapat dipecahkan melalui konsensus.

Adapun dalam tubuh TNI, Pembinaan Teritorial merupakan fungsi utama TNI AD sesuai dengan Doktrin TNI AD "Kartika Eka Paksi" melalui kegiatan penyelenggaraan, pengembangan, pengarahan dan pengendalian potensi wilayah pertahanan dengan segenap aspeknya menjadi kekuatan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara di darat. Dan kegiatan tersebut diselenggarakan secara terus-menerus sesuai dengan dinamika perkembangan zaman.

Dalam penyelenggaraan Pembinaan Teritorial tersebut, salah satu diantaranya adalah metoda Komunikasi Sosial seperti yang kita laksanakan pada hari ini.

Komunikasi sosial sebagai salah satu metode Binter merupakan wahana untuk mewujudkan kebersamaan dan keeratan hubungan dengan seluruh komponen masyarakat khususnya Aparat Pemerintah Kota Dumai. Melalui silaturrahmi ini akan dapat ditingkatkan soliditas, kesamaan visi dan misi guna mengatasi permasalahan Bangsa maupun daerah dalam rangka mewujudkan keutuhan NKRI.

"Selain itu, Komunikasi Sosial yang kita laksanakan ini juga merupakan sarana yang efektif untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan guna membangun komunikasi dialogis diantara komponen pemerintahan, sehingga dapat diperoleh kesamaan pandangan. Serta untuk meningkatkan hubungan kedinasan yang makin erat, solid dan harmonis guna memberikan pemahaman untuk berpartisipasi dalam rangka mendukung tugas pokok TNI," ujar Walikota.

"Kita semua maklum, Kota Dumai penduduknya cukup heterogen. Masyarakat menjaga terjalinnya kerukunan antara sesama suku yang mayoritas mendiami Kota Dumai dan telah dibentuk suatu wadah yang berfungsi sebagai sarana untuk menjembatani segala persoalan yang timbul yaitu LKKMD dan FKUB. Segala persoalan yang timbul selalu dapat diselesaikan dengan jalan musyawarah dan mufakat," tambahnya.

Hal ini tentu saja tidak terlepas dari peran-peran krusial Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dalam membinana hubungan kemuspidaan sehingga kehidupan berbangsa dan bernegara dapat tercipta iklim kondusif. Selanjutnya, faktor-faktor pembinaan territorial dan komunikasi sosial yang tepat dan bersifat merangkul terhadap seluruh komponen masyarakat tidak bisa kita pungkiri telah memainkan peran yang sangat besar pula.

"Saya berharap, kesemuanya ini dapat memperatkan lagi hubungan yang selama ini terjalin, demi kemajuan pembangunan dan keamanan Kota Dumai. Untuk itulah, Komunikasi Sosial yang diselenggarakan hari ini merupakan kegiatan yang patut kita apresiasi dan kita dukung," tutup Walikota Dumai H. Zulkifli As. (infotorial/hms/r1)

BERITA LAINNYA
Bawa Sabu, Pria di Dumai Ini Diringkus Polisi
Kamis, 27 Juli 2017 | 14:36
Miliki Sabu, Pemuda di Dumai Diringkus Polisi
Selasa, 25 Juli 2017 | 23:30
BERIKAN KOMENTAR
Top