• Home
  • Dumai
  • Pemko Dumai Gelar Lomba Membaca Tingkat SD se Kota Dumai

Pemko Dumai Gelar Lomba Membaca Tingkat SD se Kota Dumai

Kamis, 20 April 2017 | 20:39
DUMAI, RIAUGREEN.COM - Menumbuh kembangkan minat baca kepada anak-anak sekolah khususnya anak sekolah dasar (SD) pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Perpustakaan dan kearsipan menggelar Lomba Bercerita Siswa tingkat SD/MI Negeri/Swasta se-Kota.

Lomba mendongen yang dilaksanakan Kamis (20/4) di Gedung Sri Bunga Tanjung ini juga dilaksanakan sempena perayaan HUT Kota Dumai ke-18 yang diperingati pada tanggal 27 April setiap tahunnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kota Dumai Suriyanto Sp mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan sempena HUT Kota Dumai yang ke 18 dalam upaya kita menciptakan minat baca bagi anak didik kita.

" Sebanyak 25 peserta anak SD/MI sekolah negeri dan sesat yang akan saling berkompetisi mengikutkan lomba yang memperebutkan piala walikota Dumai ini," ujar Suriyanto.

Diharapkan dengan kegiatan ini akan menimbulkan minat baca bagi anak anak SD di Kota Dumai dan mencintai budaya daerah dan menumbuhkan rasa peduli dan cinta akan budaya nusantara melalui tulisan yang mereka baca. Perlu diingat membaca sangat penting untuk menambah pengetahuan itu sendiri.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Dumai H. Muhamad Nasir yang mewakili Pemko Dumai menyambut baik kegiatan ini dan berharap dapat berkelanjutan karena membaca adalah pintu segalanya untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.

Sekolah merupakan pendidik yang pertama dan utama ket anak dilahirkan. oleh karena itu Pemerintah mewajibkan bagi seluruh masyarakat agar mendaftarkan anaknya ke sekolah dasar. Sembari itu, pemerintah juga menyambut bagi siapa saja pihak swasta siapapun yang ingin berpartisipasi dalam penyelenggaraan pendidikan dasar dalam segala bentuk, sebagaimana yang telah digariskan oleh pemerintah dalam Undang-Undang.

"Stimulant dan rangsangan otak anak sangat penting pada usia belajar tahap dasar. Pada fase ini anak banyak belajar dari teman dan lingkungannya dengan pola melihat, memperhatikan, mendengar dan menirukan", kata Sekda.

Pengalaman dan ingatan-ingatan anak pada usia SD insya Allah akan bertahan lama dalam memori mereka. Untuk itulah, sejak zaman orang tua-tua kita dahulu menceritakan kisah-kisah maupun hikayat- hikayat yang penuh dengan muatan pesan moral dan sosial kepada anak-anak sudah menjadi tradisi pengantar lelap.

"Sejalan dengan hal tersebut diatas, pemerintah Kota Dumai tidak ketinggalan memperhatikan perkembangan generasi muda kita ini dengan mengakomodir Lomba

Bercerita/dongeng yang merupakan salah satu cara kita menarik minat anak-anak sambil tentunya memeriahkan peringatan HUT ke-18 Kota Dumai," tambah Nasir.

Saya berharap, acara kita ini dapat memberikan rangsangan kepada orang tua untuk secara terus menerus menanamkan pendidikan watak kepada anak-anak melalui hikayat, maupun cerita rakyat atau cerita-cerita keagungan dan kejayaan Islam sehingga akan terbentuk karakter yang kuat dari diri anak-anak kita dimasa mendatang, tutupnya. (infotorial/hms/r1)

BERITA LAINNYA
Harga Daging Sapi di Dumai Tembus Rp120.000
Kamis, 22 Juni 2017 | 13:40
Pinjam Motor di Q-Fun Dumai Dilarikan ke Siak
Minggu, 11 Juni 2017 | 12:50
BERIKAN KOMENTAR
Top