• Home
  • Dumai
  • Polres Dumai akan Gelar Perkara Tumpahnya CPO Milik PT Naga Mas di Laut DUmai

Polres Dumai akan Gelar Perkara Tumpahnya CPO Milik PT Naga Mas di Laut DUmai

Minggu, 26 Maret 2017 | 19:30
Perusahaan NAGA MAS melakukan loading muat minyak CPO ke kapal MT ARK PROGRESS yang berbendera India.
DUMAI, RIAUGREEN.COM - Telah terjadi pencemaran air laut akibat tumpahan minyak Crude Palm Oil (CPO) di pelabuhan Dermaga PT Pelindo Dumai milik PT Naga Mas saat proses loading muat ke kapal, Sabtu (25/3/2017) sekitar pukul 11.42 WIB.

Kapolres Dumai AKBP Donal Happy Ginting menjelaskan, Kejadiannya pada saat Perusahaan NAGA MAS melakukan loading muat minyak CPO ke kapal MT ARK PROGRESS yang berbendera India. 

"Ini sudah berlangsung sejak hari Jumat tanggal 24 Maret 2017 lalu dengan volume muat sebesar 4000 ton, nah karena belum selesai, maka dilanjutkan lagi pada hari ini," terang D Ginting.

Diketahui dengan penanggung jawab pelaksanaan loading pada hari ini atas nama Dedi dan Bambang. Pada saat pelaksanaan loading muat akan berakhir sekitar pukul 11.42 WIB, pihak perusahaan dari PT NAGA MAS melakukan pembersihan pipa penghubung yang di gunakan untuk penyaluran minyak CPO ke kapal dengan cara melakukan penembakan tekanan angin ke dalam pipa. 

Pada saat ditembakan dengan tekanan tinggi pada pipa penghubung yang saat itu masih tersalur ke dalam tanki kapal, namun pihak dari kapal tidak menutup lubang utama yang berada di atas kapal. Akibatnya minyak CPO yang berada di dalam tanki tampung kapal tersembur ke luar sehingga minyak CPO cemari air.

"Minyak CPO yang bersemburan jatuh ke laut tersebut diperkirakan sekitar 100 Kg. Namun, pihak dari PT Naga Mas dengan menggunakan pompong nelayan berusaha membersihkan tumpahan minyak tersebut dengan gunakan serok yang berlangsung sekitar 3 jam," Ujarnya.

Saat ini, minyak CPO yang tertumpah ke laut tersebut untuk disekitar pelabuhan PT Pelindo Dumai sudah tidak terlihat lagi. Selain itu, sejumlah saksi sudah dimintai keterangan dan mengambil barang bukti. "Terkait hal ini, akan kita lakukan gelar perkara nantinya," tegas Kapolres. (oz)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top