• Home
  • DPRD Rohil
  • Ilegal Fishing Marak, DPRD Rohil Intruksi Diskanlut Terbitkan Surat Kapal

Ilegal Fishing Marak, DPRD Rohil Intruksi Diskanlut Terbitkan Surat Kapal

Jumat, 04 November 2016 | 17:45
Wakil Ketua DPRD Rohil Abdul Kosim
ROHIL, RIAUGREEN.COM - Marak terjadinya aksi pencurian ikan (ilegal fishing) di wilayah perairan laut Rohil diperlukan beberapa tindakan nyata.

DPRD meminta agar Dinas Kelautan dan Perikanan (Diskanlut) segera melakukan pendataan ulang dengan menerbitkan buku atau surat kapal.

Ditegaskan wakil ketua DPRD Rohil Abdul Kosim, Rabu (2/11). Dikatakannya selain hal itu untuk mecegah maraknya ilegal fishing, penerbitan buku kapal itu juga untuk mengetahui seluruh nelayan pemilik kapal.

"Sesuai Kewenangannya Diskanlut Rohil diminta Diskanlut komitmen untuk lakukan pendataan itu. Jadi dengan adanya buku kapal itu, kapal nelayan Rohil memiliki identitas," tukasnya.

Diskanlut Rohil bisa menerbitkan buku kapal yang berukuran 5GT kebawah. Dengan adanya surat itu, akan menambah kenyamanan bagi nelayan untuk mengakui kepemilikannya.

"Selama ini kan kita tidak tahu, siapa-siapa pemilik kapal itu. Sehingga kita tidak tahu kapal yang diperairan Rohil yang beroperasi itu kapal siapa. Apalagikan selama ini juga dinas hanya mendata nelayannya saja," paparnya.

Diungkapkannya, hal ini juga sudah pernah dilakukan sebelumnya oleh Dinas terkait. Namun realisasi dilapangan tidak ada. Menurutnya hal ini dikarenakan kurangnya sosialisasi dari dinas kepada masyarakat untuk mendaftarkan kapalnya supaya terdaftar. (adv/hms/DPRD)



BERITA LAINNYA
Dewan Imbau SKPD Rohil Tak Keluar Daerah
Senin, 26 Desember 2016 | 23:44
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top