Gafatar Teken Perjanjian Kerjasama Dengan Suku Dayak Misik

Sabtu, 29 November 2014 | 23:40:53
photo.net
kedua belah pihak sedang melakukan penandatangananan kerjasama.

KALTENG, RIAUGREEN.COM - Dalam menyambut tantangan yang disampaikan oleh Teras Narang selaku Presiden Adat Dayak pada saat acara peristiwa Napak Tilas 120 tahun Pakat Damai Tumbang Anoi 3 Oktober 2014 lalu, Kelompok Tani Adat Dayak Misik melakukan perjanjian kerjasama dengan Ormas Gerakan Fajar Nusantara (GAFATAR) yang dilaksanakan pada hari Rabu (26/11) pukul 09:00 wib di Gedung Majelisa Adat Dayak Nasional (MADN) Kalimantan Tengah.

Kelompok Tani Adat Dayak Misik dibentuk dengan tujuan untuk membela masyarakat Dayak petani ladang perpindah di seluruh pedesaan dan pedalaman Kalimantan, agar bersama-sama berupaya "menolong diri sendiri" dalam menggapai keadilan, meraih kesejahteraan, mempertahankan harkat dan martabat.

Dalam perjanjian tersebut, Kelompok Tani Adat Dayak Misik dan GAFATAR akan mengerjakan lahan seluas 1046 hektar yang terletak di lingkar luar Jl. Tjilik Riwut km.13 Kota Palangka Raya. Dikatakan Rinting Sandan selaku Penanggung Jawab, "bahwa lahan tersebut akan diprioritaskan untuk pertanian dalam kemandirian pangan di Palangka Raya". Perjanjian ini disepakati oleh masing-masing pihak yang akan berjalan selama 25 tahun.

Pada kesempatan tersebut yang juga dihadiri oleh Ketua DAD Kalimantan Tengah, Sabran Ahmad mengatakan "Kesejahteraan yang awalnya hanya impian kini bergerak dan akan kita wujudkan, jangan sampai tanah-tanah Kalimantan ini hanya dikelola oleh bangsa luar dan menjadi lahan sawit. Kita harus bisa berbuat untuk membangun Bangsa".

Ketua Umum Ormas GAFATAR Mahful M. Tumanurung menyatakan juga dalam sambutannya, "Kedepan pangan merupakan ancaman kita, GAFATAR bersyukur Kelompok Tani Adat Dayak Misik mempunyai program yg serupa, karena program pangan ini merupakan solusi bagi kita bahkan Dunia dalam krisis pangan".(Rby)




Source : detikkalteng.com


Loading...
BERITA LAINNYA
Ipemalis-J Ikuti Rapat Kerja PMRJ
Senin, 10 April 2017 | 10:48
10 Mahasiswa di Riau Terima Beasiswa IZI
Jumat, 24 Maret 2017 | 11:43
Lazizmu Pekanbaru Galang Dana Peduli Gempa Aceh
Senin, 12 Desember 2016 | 19:27
HUT ke 15, PT Bumi Siak Pusako Gelar Syukuran
Rabu, 26 Oktober 2016 | 14:32
BERIKAN KOMENTAR
Top