PKPU-HI Pekanbaru Respon Banjir di Desa Sering Pelalawan

Selasa, 21 Maret 2017 | 10:12
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Curah hujan yang tinggi beberapa hari yang lalu masih merendam sebuah Desa di Kab Pelalawan. Nama desa tersebut adalah Desa Sering. Hampir satu minggu sudah banjir merendam Desa tersebut. Sejak tanggal 13 maret, banjir mulai merendam perumahan warga. Desa ini terdiri dari 2 Dusun dengan total penduduk 400 KK. 

Banjir terjadi hingga setinggi 30 cm. Tidak ada pengungsian, warga memilih bertahan untuk tetap tinggal di rumah masing-masing walaupun kondisi rumahnya terendam banjir. Di desa ini terdapat 2 masjid yang  terendam dan juga 2 sekolah yang terdiri dari 1 SD dan 1 SMP. Walaupun banjir, anak-anak tetap masuk sekolah. 

Di daerah ini warga rata-rata bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan. Semenjak banjir terjadi, warga terpaksa tidak bekerja dan memilih bertahan karena perkebunan mereka terendam banjir. Para nelayan juga kesulitan untuk mencari ikan karena kondisi tersebut. 

Sejauh ini beberapa bantuan sudah ada yang masuk di Desa Teluk Bungo, namun masih banyak desa yang masih membutuhkan bantuan seperti Desa Sering ini. Dari segi kebutuhan, warga membutuhkan bantuan sembako, layanan kesehatan langsung karena dampak banjir mulai menimbulkan beberapa penyakit di sekitar warga. Akses jalan darat yang menghubungkan 2 dusun ikut terendam, sehingga akses warga untuk keluar dusun pun terhenti. Tim PKPU-HI telah menelusuri desa, dengan memberikan beberapa bantuan sembako kepada ketua RT setempat. 

"Aksi ini merupakan salah satu respon bencana kepada masyarakat yang wilayahnya terendam banjir. Akses jalan yang terputus antar dusun, memang menyebabkan kesulitan bagi warga yang hendak masuk-keluar desa. PKPU-HI akan terus mencoba menelusuri dan memberikan respon kepada warga di desa ini dan menyalurkan beberapa program yang dibutuhkan oleh warga setempat," Ujar eko ketua DRM PKPU-HI Pekanbaru. (rls/r1)

BERITA LAINNYA
Ipemalis-J Ikuti Rapat Kerja PMRJ
Senin, 10 April 2017 | 10:48
10 Mahasiswa di Riau Terima Beasiswa IZI
Jumat, 24 Maret 2017 | 11:43
Lazizmu Pekanbaru Galang Dana Peduli Gempa Aceh
Senin, 12 Desember 2016 | 19:27
HUT ke 15, PT Bumi Siak Pusako Gelar Syukuran
Rabu, 26 Oktober 2016 | 14:32
Umat Muslim KP PTPN V Bagi 700 Bungkus Daging Qurban
Senin, 12 September 2016 | 20:18
BERIKAN KOMENTAR
Top