• Home
  • Bengkalis
  • Plh. Bupati Bengkalis, Program P2L Solusi Terhadap Ketahanan Pangan Keluarga

Plh. Bupati Bengkalis, Program P2L Solusi Terhadap Ketahanan Pangan Keluarga

Kamis, 24 September 2020 | 14:28
dsk
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Program Pangan Lestari ini tentunya menjadi solusi terhadap ketahanan pangan keluarga, apalagi dimasa pandemi Covid-19, tujuannya tidak hanya untuk penguatan pangan tetapi juga untuk perbaikan ekonomi warga. Program ini dapat saja dilakukan melalui pemanfaatan lahan pekarangan, lahan tidur dan lahan kosong yang tidak produktif, sehingga menjadi produktif sebagai penghasil pangan dalam memenuhi pangan dan gizi rumah tangga, serta berorientasi besar untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga.

Hal tersebut ditegaskan oleh Plh Bupati Bengkalis H. Bustami, HY dalam arahannya saat menghadiri Acara Panen Perkarangan Pangan Lestari (P2L) yang disejalankan dengan Peringatan Hari Tani Nasional Tahun 2020 Secara Virtual serta Pemberian Penghargaan P2L Terbaik Nasional Tahun 2020 yang bertempat Jln Utama Pangkalan Batang Gg. Masjid Desa Pangkalan Batang Kecamatan Bengkalis, Kamis ( 24/09/2020) Pagi.

Khusus kepada Kelompok Wanita Tani Putri Hijau Desa Pangkalan Batang Kecamatan Bengkalis selaku tuan rumah, Bustami berharap agar benar-benar melaksanakan kegiatan pemanfaatan Pangan Lestari dengan berorientasi kepada pendekatan pengembangan pertanian berkelanjutan ( Sustainable Agriculture), pemanfaatan sumberdaya lokal (Community Engagement), dan berorientasi pemasyaran ( Go to Market).

Disamping itu lanjut H.Bustami, kami pemerintah Kabupaten Bengkalis sangat menyambut baik dan turut gembira, karena pada pelaksanaan kegiatan Panen Perkarangan Pangan Lestari ( P2L) Tahun 2020 ini, Kabupaten Bengkalis di percaya sebagai Tuan Rumah Penyelenggaraan Kegiatan P2L serentak secara Nasional mewakili Provinsi Riau secara Virtual.

"Semoga Kegiatan ini menjadi pemicu dan semangat untuk kita dapat mengembankan serta memanfaatkan lahan tidur yang potensial dalam mewujudkan Ketahanan Pangan, apalagi di saat Pandemi Covid-19 seperti ini," Terang Bustami HY.

Dan Khusus kepada Kelompok Wanita Tani Putri Hijau Desa Pangkalan Batang Kecamatan Bengkalis, apresiasi yang tinggi serta ucapan selamat atas prestasinya mewakili Kabupaten Bengkalis dan juga mewakili Provinsi Riau dalam penilaian Kegiatan Pemanfaatan Perkarangan Pangan Lestari, kami memberi semangat dan dorongan agar Wanita Tani terus berbuat dan mengembangkan kegiatan positif ini kepada seluruh anggota dan masyarakat,. Tutup Plh Bupati Bengkalis H. Bustami.HY.

Usai sambutan dilanjutkan dengan acara Video Conference (Vidcon) Langsung untuk mengikuti Peringatan Hari Tani Nasional Tahun 2020 di Kantor Pusat Kementrian Pertanian, Usai Vidcon dilanjutkan dengan Panen secara simbolis dan ramah tamah dan di akhiri dengan foto bersama.

Tampak hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Pangan, Tanamanan Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau Syahfalefi, Staf Umum Kementrian Pertanian Republik Indonesia Ibu Nabila Ayu Ulfa ( Calon Analis Ketahanan Pangan) dan Bapak Murdianto ( Pengadministrasi Umum), Wakil Ketua TP.PKK Kabupaten Bengkalis Hj. Akna Juwita, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis H. Imam Hakim, Plt Kepala Balitbang Dahen Tawakkal, Camat Bengkalis Ade Suwirman, dan Kepala Desa Pangkalan Batang berserta Seluruh Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Kecamatan Bengkalis dan Kecamatan Bantan.(dsk)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top