• Home
  • Bengkalis
  • DKP Gelar Pelatihan Pembuatan POC Sebagai Pupuk Alternatif Pemanfaatan Halaman Rumah

DKP Gelar Pelatihan Pembuatan POC Sebagai Pupuk Alternatif Pemanfaatan Halaman Rumah

Rabu, 12 Agustus 2020 | 14:17
dsk
Kepala DKP, H Imam Hakim ketika memberikan sambutan.
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bengkalis, menggelar pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) di Saung Kelompok Wanita Tani Bakri Makmur, Desa Pambang Baru, Kecamatan Bantan, Rabu, 12 Agustus 2020.

Kegiatan yang seiring dengan kemampuan dan daya beli hasil pertanian mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19 ini diikuti Pengurus dan Anggota Kelompok Wanita Tani (KWT),ibu-ibu Dasawisma dan Kader PKK Kecamatan Bantan serta Desa.

Kepala DPK, H.Imam Hakim, SP.,MSi yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan pelatihan pemanfaatan pekarangan untuk Ketahanan Pangan yang juga diselaraskan dengan kegiatan Halaman Asri, Tertata,Indah dan Nyaman (HATINYA) PKK, karena pelatihan ini disinergikan antara DKP dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis.

"Sekalipun dalam kondisi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih terjadi, kita tidak mesti galau dan stagnan untuk beraktivitas produkstif dan melaksanakan penanaman aneka ragam tanaman di lahan pekarangan kita, baik secara berkelompok pada plot percontohan maupun di pekarangan kita masing-masing," tutur Imam Hakim memberikan motivasi.

Beliau yakin, dalam kondisi seperti ini sekalipun ketahanan pangan atau kecukupan pangan di keluarga akan tetap terjaga dan aman, jika pemanfaatan lahan di sekitaran rumah dapat diberdayakan secara baik.

"Malahan dengan aktivitas mengolah lahan sama artinya dengan berolah raga, bergembira dan mengeluarkan keringat. Sehingga kita bisa semakin sehat dan semoga kita semua dan keluarga terhindar dari wabah Covid 19," ucapnya.

Kepada ibu-ibu yang hadir, ia berharap untuk tidak galau terhadap Covid-19, asalkan semuanya senantiasa melaksanakan dan mengikuti protokol kesehatan yakni menggunakan masker ketika bepergian atau  beraktivitas di luar, sering menjaga kebersihan dengan merutinkan cuci tangan atau lebih baik lagi jika merutinkan berwudhu dan jaga jarak ketika di kumpulan orang-orang demikian pungkasnya.

Kegiatan pelatihan pembuatan POC yang diajarkan oleh Penyuluh Pertanian Lapangan kepada peserta sebagai solusi mendapatkan pupuk tanaman yang ekonomis  ini adalah dengan memanfaatkan air cucian beras yang biasanya hanya dibuang begitu saja.

Namun, dengan perlakuan dan dicampur sedikit madu atau manisan dan starter bacteri tertentu dapat berubah menjadi pupuk cair alami yang dapat menyuburkan tanaman. Takarannya sekitar 1 tutup botol air mineral dapat dicampur dengan air 3 liter dan ini cukup untuk luasan tanaman pekarangan sekitar 2 x 3 meter sekali semprot.(dsk)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top