• Home
  • Bengkalis
  • KPU Bengkalis Gelar Bimtek Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Pilkada 2020

KPU Bengkalis Gelar Bimtek Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Pilkada 2020

Selasa, 11 Agustus 2020 | 12:01
dsk
Bimbingan Teknis (BIMTEK) Tata Pemuktahiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis Tahun 2020, bertempat di Hotel Marina Bengkalis, Selasa (11/8/2020).
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Komisi Pemilihann Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis menggelar Bimbingan Teknis (BIMTEK) Tata Pemuktahiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis Tahun 2020, bertempat di Hotel Marina Bengkalis, Selasa (11/8/2020).

Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bengkalis di wakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Hermanto Baran didampingi Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Kabupaten Bengkalis Anggi Ramadhan membuka secara resmi bimtek tersebut.

Dalam sambutannya Hermanto Baran berharap kepada semua peserta bimtek agar serius dalam mengikuti bimtek ini sampai selesai, mengingat pilkada tahun ini berbeda dengan pelaksanaan tahun sebelumnya, tentu banyak perubahan dan perhatian khusus yang akan dilaksanakan di lapangan.

Dikatakan Hermanto Baran bahwa pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 memang sudah dekat, berbagai tahapan dan jadwal kegiatan sudah berjalan. Salah satunya adalah pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih. Hal ini sesuai dengan peraturan Komisi Pemilihann Umum (PKPU) Nomor 2 Tahun 2017 tentang pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

"Untuk itu melalui data yang telah dikumpulkan PPK dan PPS melalui proses Coklit DOOR TO DOOR kita dapat mengidentifikasi, mengevaluasi, merubah maupun melakukan penghapusan terhadap data-data yang sudah bersifat tidak memenuhi syarat (TMS), " Terangnya 

Sementara itu dalam sambutannya Ketua KPU yang diwakili Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Bengkalis Anggi Ramadhan mengatakan Proses pemutakhiran data pemilih dari tahun ke tahun sampai pilkada saat ini tetap menggunakan sistem. Proses Coklit itu adalah prinsip upgrade dan update punya latar belakang.

Proses tersebut di himpun oleh petugas PPS disusun kembali di upgrade kembali baru di masuk ke sistem.

Mengenai substansi dari proses Coklit ini pihaknya mengatakan bagaimana pencocokan data dari formulir yang berisi data pemilih harus real dengan orang yang ada di lapangan yaitu Keluarga, KK dan pemilihnya.

"Proses Coklit merupakan penentu dalam pemilihan, terlebih akurasi data pemilih lebih banyak memiliki andil dalam hal partisipasi pemilih, " Tegasnya

"Pesan kami Tetap fokus, tetap detail sesuai hastag kami#DatabyData #DetailItuAsyik," Tutupnya 

Hadir Kasat Intelkam Bengkalis Polres Bengkalis Denny Aprial, Danramil 0303/Bengkalis Kapten Isnanu, dan Peserta Bimbingan Teknis Lainnya.(dsk)

Loading...
BERITA LAINNYA
Deklarasi Damai Tahun 2020
Kamis, 24 September 2020 | 14:27
Sebanyak 35 Orang BPD Gerbang Pesisir di Resmikan
Selasa, 22 September 2020 | 11:28
Mengenal Sejarah Pulau Bengkalis Melalui Fun Bike
Minggu, 20 September 2020 | 21:15
Fun Bike Sempena Hari Lalu Lintas Bhayangkara Ke-65
Minggu, 20 September 2020 | 21:13
BERIKAN KOMENTAR
Top