• Home
  • Bengkalis
  • KPU Bengkalis Gelar Bimtek Tata Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih

KPU Bengkalis Gelar Bimtek Tata Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih

Kamis, 09 Juli 2020 | 13:23
Foto Bersama Pada Acara Bimtek Tata Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis tahun 2020, di Aula Hotel Surya Duri, Kamis (9/7/2020).
MANDAU, RIAUGREEN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis tahun 2020, di Aula Hotel Surya Duri, Kamis (9/7/2020).

Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bengkalis melalui Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah H. Tengku Zainuddin didampingi Ketua KPU Provinsi Riau Abdul Rahman, Perwakilan KPU Kabupaten Bengkalis Anggi Ramadhan membuka secara resmi Bimtek tersebut.

Dalam sambutannya Tengku Zainuddin berharap kepada peserta Bimtek agar benar-benar memanfaatkan kesempatan berharga dan dijadikan acuan sehingga dapat digunakan pada pelaksanaan nantinya.

Dikatakan Tengku Zainuddin bahwa daftar pemilih merupakan salah satu tahapan pemilihan yang sangat krusial dan sangat strategis bagi terselenggara pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Bengkalis yang berkualitas. Oleh karena itu, sebagai penyelenggara Pemilu, KPU beserta jajarannya harus berkomitmen untuk melakukan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih yang lebih baik agar tercipta daftar pemilih yang komprehensif, akurat, dan terkini.

Berkaca pada pengalaman pelaksanaan Pemilihan Umum maupun pemilihan Kepala Daerah yang sudah pernah dilaksanakan, daftar pemilih selalu menjadi alasan kuat bagi peserta Pemilu yang kalah untuk mengajukan gugatan hasil pemilu ke MK, oleh karenanya KPU beserta perangkat dan jajarannya seperti PPK, PPS dan PPDP harus lebih serius dalam melakukan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih pada pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkalis tahun 2020 ini.

Lanjut Tengku Zainuddin segala kekurangan dan kendala – kendala yang pernah dihadapi dalam pemutakhiran daftar pemilih dan penyusunan daftar pemilih selama ini, hendaknya dapat dijadikan pelajaran, rujukan serta dijadikan guru bagi penyelenggara Pemilu, agar hal tersebut tidak terulang kembali pada pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis tahun 2020 ini nantinya.

"Kepada peserta Bimtek mari bersama-sama memberikan sosialisasi serta pemahaman kepada masyarakat, agar mereka memiliki kesadaran serta merasa ikut terlibat dalam Pemilukada khususnya dalam penyusunan serta pemutakhiran data pemilih", harap Tengku Zainuddin.

Sementara itu, dalam laporan panitia pelaksana kegiatan yang dibacakan Sekretaris KPU Puji Haryono menyampaikan kegiatan Bimtek dengan narasumber Kadisdukcapil Ismail, Bawaslu Kabupaten Bengkalis M. Hari Rubianto dan diikuti sebanyak 33 orang peserta anggota PPK yang membidangi pemutakhiran pemilih dari 11 Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis. 

"Diharapkan dengan Bimtek ini, nantinya dapat meningkat kompetensi dan profesionalitas serta pemahaman anggota panitia pemilihan Kecamatan untuk melaksanakan tugas dan fungsinya dalam pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis," pungkas Puji Haryono.

Tampak hadir Sekcam Bathin Solapan H. Daswan, Danramil 04 Kecamatan Mandau Serka Agusriadi dan Sertu Fauzi serta para peserta Bimtek.(dsk)

Loading...
BERITA LAINNYA
Plh. Bupati Bengkalis Ikuti Vidcon Bersama Mendagri
Selasa, 11 Agustus 2020 | 12:01
Salurkan Hobi, LAKSBON Undang Trainer Bonsai
Senin, 10 Agustus 2020 | 10:52
BERIKAN KOMENTAR
Top