• Home
  • Bengkalis
  • Pasangan Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis AMAN Gandeng Investor Bidang Maritim

Pasangan Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis AMAN Gandeng Investor Bidang Maritim

Jumat, 29 Mei 2020 | 23:34
Foto : Bakal Calon Wakil Bupati Bengkalis Herman bersama Investor bidang kemaritiman H Muhammad Rafi dan tim saat meninjau salah satu kapal tanker kargo di Selat Bengkalis, Jumat (29/5/2020). (yud)
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Banyak jalan menuju ke Rhoma, demikian bunyi pepatah lama yang bermakna banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. 

Termasuk tujuan untuk meningkatkan gairah ekonomi bagi masyarakat di daerah Kabupaten Bengkalis, yang menjadi salah satu tujuan utama dari Visi Misi pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis Abi Bahrum - Herman (AMAN).

Tak hanya mengandalkan perputaran dana APBD, tapi berbagai bidang bisa menjadi penunjang gairah ekonomi daerah, salah satu sektor yang berpotensi untuk dikembangkan adalah sektor maritim di perairan selat Bengkalis - Pakning, baik dari segi bisnis maupun tenaga kerja.

Demikian disampaikan Bakal Calon Wakil Bupati Bengkalis Herman, SS.i M.Si bersama timnya saat meninjau potensi ekonomi bidang maritim di salah satu kapal tanker / kapal kargo di perairan selat Bengkalis - Pakning milik H. Muhammad Rafi salah seorang Investor Usaha Sektor Maritim Riau, Jumat (29/05/2020).

"Berbagai potensi untuk mengangkat taraf ekonomi daerah kususnya yang berpengaruh langsung dengan masyarakat Kabupaten Bengkalis dapat dikembangkan dengan serius, salah satunya di sektor maritim ini," ujar Herman yang juga Ketua Umum / Panglima Muda Laskar Melayu Bersatu (LMB) Kabupaten Bengkalis.

Oleh karena itulah, pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis AMAN kata Herman, akan menggandeng Investor bidang maritim untuk mengembangkan peningkatan ekonomi daerah, sebagai salah satu konsep agar gairah ekonomi tidak hanya bertumpu pada perputaran dana APBD semata.

"Jika dipercayakan dan diamanahkan oleh masyarakat untuk menakhodai Bengkalis, maka kami pasangan AMAN akan menggandeng investor dari berbagai sektor demi meningkatkan gairah ekonomi daerah, salah satunya sektor maritim, sebab kita punya potensi yang luar biasa di daerah ini," ungkap Herman.

Objek pengembangan potensi ekonomi bidang maritim yang akan dikembangkan AMAN, lanjutnya adalah dari segi bisnis dan tenaga kerja.

"Dari segi bisnis bisa kita lihat sendiri bagaimana Kapal Tanker Kargo milik Haji Rafi ini mengelola angkutan barang lintas nasional maupun internasional, berbagai barang bisa didistribusikan seperti pupuk, minyak maupun barang komersil lainnya, tentu melalui jalur yang legal dan izinnya dijamin oleh negara. Seperti yang kita lihat setiap hari ada 10 sampai 15 kapal tanker berlabuh di perairan Sungai Pakning," tambahnya.

Sedangkan dari segi peluang tenaga kerja sektor kemaritiman kata Herman, Kabupaten Bengkalis juga memiliki potensi yang tinggi dan dapat diperhitungkan.

"Kita punya SMKN Pelayaran di Desa Pangkalan Jambi Kecamatan Bukit Batu, selain itu kita juga punya Jurusan Maritim di Poltek Negeri Bengkalis yang diinisiasi oleh mantan Bupati Bengkalis Herliyan Saleh. Kedua Institusi pendidikan bidang pelayaran yang didirikan oleh pemimpin visioner kita terdahulu, harus diberdayakan untuk melahirkan tenaga kerja dan tenaga ahli bidang pelayaran, sehingga bisa langsung ditampung oleh usaha sektor kemaritiman di daerah kita sendiri," paparnya.

Herman juga menyebut pembangunan visioner oleh mantan Bupati Bengkalis Syamsurizal juga menjadi perhatian AMAN, untuk bisa dimanfaatkan dan dikembangkan demi meningkatkan usaha dan bisnis di sektor maritim.

"Pak Syamsurizal semasa menjadi Bupati Bengkalis juga telah membangun pelabuhan BSSR, pelabuhan BSL dan pelabuhan kargo di air putih, sehingga bisa kita kembangkan dan manfaatkan ke depan untuk pengembangan ekonomi daerah di sektor maritim," tutur Herman Ketua Umum Ikatan Alumni SMAN 1 Sungai Pakning ini. (yud)

Loading...
BERITA LAINNYA
1.285 PPDP Ikuti Rapid Test Covid-19
Jumat, 10 Juli 2020 | 11:25
BPBD Bengkalis Tangani Tiga Kasus Bencana
Rabu, 08 Juli 2020 | 12:07
BERIKAN KOMENTAR
Top