Kabel Milik Chevron Digasak, Dijual Rp3 Juta

Minggu, 25 Agustus 2019 | 13:44
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Dua orang diduga pelaku pencurian Kabel, Sabtu 24 Agustus 2019 kemarin diringkus  tim opsnal Polsek Mandau, Kabupaten Bengkalis.

Kedua orang tersebut yang diringkus berinisial, E (35) warga Jalan Rangau KM 16 Desa Petani, Kecamatan Bathin Solapan dan KN (34) warga Jalan Rangau, KM 14 Desa Buluh Manis, Bathin Solapan. Sedangkan untuk barang bukti kabel hasil curian ditemukan di KM 15 Desa Petani, belakang rumah saudara Madu.

Para pelaku ditangkap Sabtu 24 Agustus 2019 pada pukul 03.00 WIB di Jalan Jurong KM 1 Desa Buluh Manis sebagaimana juga dimaksud dalam rumusan Pasal 363 KUHPidana.

"Barang bukti yang diamankan berupa, potongan kulit kabel reda, satu buah gergaji besi, satu buah besi berukuran 25cm,"ungkap Kapolsek Mandau, Kompol Arvin Hariyadi S.IK, Minggu 25 Agustus 2019.

Diutarakan Kapolsek di pematang yarg areal PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) telah terjadi tindak pidana pencurian kabel reda yang tersimpan di gudang milik PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI). Kejadian itu berawal pada saat karyawan PT. Submersible Pump Service (SPS) Sub Kontrak PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) yang ingin bekerja dan melihat ada yang mencurigakan dari gudang tempat penyimpanan kabel reda.

"Melihat engsel pintu gudang berbentuk tuas grendel sudah terpotong atau rusak kemudian dilihat lagi ke arah bangunan gudang ditemukan jalinan kawat pencing gudang juga dirusak. Kemudian pihak PT. Submersible Pump Service (SPS) melanjutkan laporan ke pihak security selaku provider dan melakukan pengecekan ke TKP bersama pihak terkait,".ungkapnya.

Setelah di cek bersama sama, lanjut Kompol Arvin, dilihat kabel reda sepanjang 178 meter sudah hilang dan atas kejadian tersebut PT. Chevron Pasific Indonesia (CPI) merasa dirugikan yang belum dapat ditaksir, selanjutnya melaporkan kejadian itu ke Polsek Mandau.

"Para pelaku ditangkap berdasarkan laporan setelah melakukan penyelidikan terhadap laporan tersebut. Tersangka E diduga adalah pelaku pencurian kabel reda dari hasil introgasi E mengakui perbuatannya bersama satu orang temannya KN dan kabel tersebut dikulitinya dibelakang rumah kosong di Jalan Rangau KM. 14 RT 03 RW 02 Desa Buluh Manis, Bathin Solapan,"ujarnya.

Tidak sampai disitu, selanjutnya setelah mendapatkan keterangan dari tersangka E kemudian tim Reskrim kembali melakukan penangkapan terhadap KN dirumahnya.

"Atas pengakuan kedua tersangka ini, kabel reda yang dicuri sebanyak lebih kurang 40 kilogram dan sudah dijual ke KM 5 kulim yang mana hasil penjualan Kabel Reda tersebut Rp. 3.000.000,- dan sudah habis digunakan para tersangka," ungkapnya lagi.

Saat ini, kedua tersangka dan beberapa barang bukti telah dibawa ke Polsek Mandau guna proses penyidikan lebih lanjut. (wra/ri)

Loading...
BERITA LAINNYA
Para Kafilah Registrasi Ulang
Kamis, 19 September 2019 | 18:50
BERIKAN KOMENTAR
Top