• Home
  • Bengkalis
  • Ananda Juarsa: Segera Tindak Lanjuti Hasil Evaluasi
Taja Kegiatan Asistensi Penyusunan Laporan Kinerja dan Pendukung Lainnya

Ananda Juarsa: Segera Tindak Lanjuti Hasil Evaluasi

Senin, 15 Juli 2019 | 12:27
Pemateri Dari Kemenpan-RB, Membuka kegiatan Asistensi Penyusunan Laporan Kinerja dan Pendukung Lainnya, di Meeting Room Ibis Hotel Jakarta Tamarin, Minggu (14/7/2019).
JAKARTA, RIAUGREEN.COM - Setelah Sabtu kemarin (13/7/2019) dibuka secara resmi, di hari kedua kegiatan Asistensi Penyusunan Laporan Kinerja dan Pendukung Lainnya dilanjutkan dengan materi tentang cascading. Dengan menghadirkan pemateri dari Kemenpan-RB, Ananda Juarsa, kegiatan yang dilaksanakan di Meeting Room Ibis Hotel Jakarta Tamarin, Minggu (14/7/2019) tersebut diikuti dengan antusias oleh peserta.

Setelah sebelumnya membahas mengenai Lembar Kerja Evaluasi (LKE) tiap-tiap Perangkat Daerah, di hari kedua ini Ananda Juarsa memberikan penjelasan tentang cascading yakni proses penjabaran dan penyelarasan Sasaran Strategis (SS), Indikator Kinerja Utama (IKU), dan target IKU secara vertikal dari level unit/pegawai yang lebih tinggi ke level unit/pegawai yang lebih rendah.


Ananda mengatakan bahwa setiap sasaran pembangunan (impact), indikator kinerja dan target dalam dokumen perencanaan tingkat Pemerintah Daerah (RPJMD atau RKPD), dijabarkan ke dalam dokumen perencanaan di tingkat Perangkat Daerah (PD) yakni Renstra atau Renja berupa sasaran strategis (outcome-impact), indikator kinerja dan target.

"Penjabaran (cascading) harus dilakukan secara jelas, terkait dengan tugas dan fungsi unit, secara logis memiliki keterkaitan sebab akibat (causality), serta memiliki keterkaitan dan saling bersinergi (alignment)," jelas Ananda.

Dengan adanya kegiatan Asistensi Penyusunan Laporan Kinerja dan Pendukung Lainnya bagi Aparatur Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Ananda berharap adanya penguatan akuntabilitas kinerja di lingkup Pemerintahan Kabupaten Bengkalis.


"Kami berharap agar segera menindaklanjuti rekomendasi-rekomendasi yang sudah disepakati dengan melibatkan masing-masing Kepala Perangkat Daerah dan pastikan Kepala PD paham dan peduli. Kegiatan ini bukan merupakan tanggungjawab Kepala Sub Bagian Program semata, justru ini lebih kepada membentuk PD yang memahami akuntabilitas kinerja. Bukan sekedar belajar membuat LAKIP tetapi mengubah mindset, membentuk budaya yang akuntabel," Papar Ananda Juarsa.

Kemudian Ananda juga berharap semoga apa yang telah diperoleh selama beberapa kali pertemuan dengannya memperoleh hasil yang maksimal dibuktikan dengan lebih baik akuntabilitasnya, lebih bisa menjawab pertanyaan publik serta mampu mengefisiensikan dan mengefektifitaskan penggunaan anggaran Daerah.

Kegiatan yang ditaja oleh Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis tersebut berlangsung selama dua hari dan diikuti oleh Sekretaris Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Bengkalis, serta Kepala Sub Bagian Penyusunan Program dan Camat Se-Kabupaten Bengkalis.(dsk)

Loading...
BERITA LAINNYA
TP PKK Bengkalis akan Gelar Wirakarya Kader
Kamis, 22 Agustus 2019 | 20:38
BERIKAN KOMENTAR
Top