• Home
  • Bengkalis
  • Dari 3 Sekolah di Pinggir, 149 Pelajar Belum Miliki Akta Kelahiran

Dari 3 Sekolah di Pinggir, 149 Pelajar Belum Miliki Akta Kelahiran

Selasa, 19 Maret 2019 | 15:15
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Pengurus Forum Anak Kecamatan Pinggir (FAN-Gir) mendata tiga sekolah di Kelurahan Titian Antui, Kecamatan Pinggir. Dari tiga sekolah yang didata sebanyak 149 pelajar hingga kini belum memiliki akte kelahiran.

Demikian diungkapkan Ketua FAN Pinggir Rahmatuzzahra, Selasa, 19 Maret 2019. Sebagaimana FAN Pinggir merupakan binaan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Bengkalis, pada Senin 18 Maret 2019 kemarin, mendatangi tiga sekolah, yakni SDN 2 Pinggir, SMPN 4 Pinggir dan SMAN 5 Pinggir.

Dari data yang dihimpun FAN Pinggir di lapangan, dari 149 pelajar yang belum memiliki akte kelahiran itu, terdiri 95 pelajar perempuan dan 54 pelajar laki-laki.

Setelah memiliki data pelajar yang belum memiliki akte kelahiran dari tiga sekolah tersebut. Selanjutnya FAN Pinggir mengumpulkan persyaratan untuk pembuatan akte kelahiran. Seluruh persyaratan itu, akan diteruskan kepada Camat Pinggir.

"Kami berharap, agar proses pembuatan akte kelahiran ini berjalan dengan baik, dan anak-anak cepat memperoleh hak sipil nya," kata Rahmatuzzahra.

Diungkapkan Rahmatuzzahra, pendataan diawali di SDN 2 Pinggir, kehadiran mereka disambut baik oleh pihak sekolah. Saat pendataan di ruang-ruang belajar mengajar, pengurus FAN Pinggir dibantu oleh para guru.

"Bahkan pihak sekolah bersedia menyurati orang tua bagi anak-anaknya yang belum memiliki akte kelahiran agar segera melengkapi persyaratannya. Kami benar-benar terbantu," ujar gadis yang akrab disapa Ara

Usai mendata pelajar di SDN 2 Pinggir, rombongan pengurus FAN Pinggir, melanjutkan perjalanan ke SMP 4 Pinggir. Seperti dilakukan sebelumnya, mereka mendata satu persatu lokal. Namun, pendataan belum sampai ke siswa/siswi kelas 9 (kelas III SMP), mengingat pada waktu itu tengah dilakukan simulasi ujian akhir.

Menurut Ara, saat itu pihak SMPN 4 Pinggir, memberikan apreiasi atas kehadiran FAN Pinggir yang mau bersusah payah mendata teman-temannya yang belum miliki akte kelahiran.

"Kami sangat berterima kasih sama adik-adik semua. Kami terbantu untuk mengurus akte kelahirannya," terang Ara mengutip salah seorang guru di sekolah tersebut.

Tujuan terakhir adalah ke SMAN 5 Pinggir. Pendataan juga dilakukan dari satu lokal ke lokal lainnya, dengan total 17 lokal, namun belum dengan termasuk kelas 12 (kelas tiga SMA), karena sedang menjalankan Ujian Akhir Sekolah (UAS). (disk/wra)

Loading...
BERITA LAINNYA
Gakumudu Pantau Politik Uang di Bengkalis
Senin, 15 April 2019 | 15:44
BERIKAN KOMENTAR
Top