• Home
  • Bengkalis
  • Tahun 2019, 76 sekolah di Bengkalis Ujian Nasional dengan Sistem UNBK

Tahun 2019, 76 sekolah di Bengkalis Ujian Nasional dengan Sistem UNBK

Rabu, 06 Maret 2019 | 13:25
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis Edi Sakura
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pendidikan (Disdik) terus berupaya meningkatkan kuantitas dan kualitas penyelenggaraan Ujian Nasional (UN).

Untuk penyelanggaraan UN tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasyah Tsanawiyah (MTs) sederajat misalnya, untuk tahun 2020 mendatang, seluruh SMP/MTs sederajat diwajibkan menyelenggarakan UN Berbasis Komputer (UNBK).

Kepala Disdik Kabupaten Bengkalis Edi Sakura mengatakan, Tahun 2018 UNBK hanya 9 sekolah yang menyelenggarakan UN dengan sistem UNBK. Selebihnya tetap UNKP (berbasis Kertas dan Pensil).

"Untuk tahun 2019 ini, dari 152 sekolah yang menyelenggarakan UN, yang menggunakan sistem UNBK 76 sekolah atau separuhnya. Dibanding tahun lalu, alhamdulilah, meningkat hampir 75 persen," jelas Edi Sakura, Selasa malam, 5 Maret 2019.

Masih kata Edi Sakura, jumlah siswa SMP/MTs di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini yang mengikuti UN sebanyak 11.751 siswa.

"Yang mengikutinya dengan sistem UNBK berjumlah 5.981 siswa atau sekitar 51 persen. Sementara sisanya 5.770 siswa atau kurang lebih 49 persen masih menggunakan UNKP," imbuhnya.

Sosialiasi UN 6 Kecamatan

Senin, 4 Maret 2019 lalu, sebanyak 66 Kepala SMP/MTs, SMP Luar Biasa dan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) dari 5 Kecamatan, yakni Bengkalis, Bantan, Bukit Batu, Siak Kecil dan Bandar Laksamana, mengikuti sosialisasi Ujian Nasional (UN) SMP/MTs sederajat.

Sosialisasi yang dibuka Kepala Disdik Bengkalis yang diwakili Sekretaris Agusfridiamialis tersebut ditaja di meeting room lantai dasar Pantai Marina Hotel Bengkalis.

Ketika ditanya kapan sosialisasi serupa untuk 6 kecamatan lainnya (Bathin Solapan, Mandau, Pinggir, Rupat, Rupat Utara dan Talang Muandau), Edi Sakura mengatakan hari ini, Rabu, 6 Maret 2019.

"Besok (hari ini). Sosialiasi UN untuk Kecamatan Bathin Solapan, Mandau, Pinggir, Rupat, Rupat Utara dan Talang Muandau akan dilaksanakan di aula Korwil (Koordinator Wilayah) Mandau di Duri," terangnya, sembari mengatakan kegiatan sosialisasi UN tersebut dimulai pukul 09.00 WIB, pagi ini.

Dikatakannya, melalui berbagai upaya yang dilakukan, termasuk sosialisasi penyelenggaraan UN untuk Kepala Sekolah SMP/MTs sederajat di 11 kecamatan tersebut, dia berharap hasil UN untuk tahun 2019 meningkat.

Seperti sudah diinformasikan sebelumnya, pada tahun 2018, untuk hasil UN SMP/MTs sederajat, Kabupaten Bengkalis berada diperingkat 3 dari 12 kabupaten/kota di Provinsi Riau.

"Untuk tahun 2019 ini tentu prestasi tersebut kita harapkan dapat meningkat," pungkas Edi Sakura yang juga Ketua PGRI Kabupaten Bengkalis. (disk/wra)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top