• Home
  • Bengkalis
  • Dua Tekong Pembawa 19 TKI Ilegal Diserahkan ke Kejaksaan Bengkalis

Dua Tekong Pembawa 19 TKI Ilegal Diserahkan ke Kejaksaan Bengkalis

Kamis, 07 Februari 2019 | 14:09
 BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Penyidik Kepolisian resor polres Bengkalis melimpahkan dua tersangka diduga sebagai tekong pembawa 19 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) lewat jalur gelap dari Malaysia ke Indonesia, di Kejaksaan Negeri Bengkalis, Kamis 7 Februari 2019.

Pelimpahan dua tersangka tersebut setelah pihak Kepolisian memenuhi berkas perkara P21 atau tahap II yang langsung diterima Kepala Seksi Pidana Umum Iwan Roy Charles SH melalui Jaksa Penuntut Umum Eriza SH.

Sementara itu, Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi-Pidum) Iwan Roy Charles SH, kepada sejumlah wartawan membenarkan bahwa telah menerima berkas perkara terhadap dua tersangka kasus kapal speed boad yang tenggelam.

"Benar kita telah mendapat pelimpahan berkas perkara dari penyidik polres Bengkalis diantaranya Jamal dan Hamid alias Boboy atas kasus menyebab tenggelamnya speed boad dan ditemukan sebanyak 11 mayat yang mengapung di perairan Bengkalis," ungkap Iwan Roy Charles.

Diutarakan Iwan Roy lagi, setelah menerima tahap II ini kemudian dilakukan penahanan selama 20 hari kedepan. Dan kemudian baru dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Bengkalis.

"Kita melakukan penahanan dua puluh hari kedepan kemudian baru kita limpahkan ke PN Bengkalis jika tidak ada kendala," ungkap Iwan Roy lagi.

Masih dikatakam Iwan Roy, keduanya dikenakan Pasal 359 KUHPidana dan Pasal 120 Ayat 1, serta Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 dengan ancaman 15 hukuman penjara dan denda Rp1.500.000.000.

Sementara itu, dua dari satu tersangka bernama Hamid alias Boboy mengaku bahwa dengan kejadian tersebut para penumpang tidak ada yang menggunakan life jacket.

"Sebenarnya saya bawa mereka dari Malaysia ke Indonesia lewat jalur gelap.Kalau mereka memakai life jacket itu bisa nampak dengan petugas di laut.Jadi  jika tidak pakai life jacket tak nampak," singkat tersangka Hamid saat akan dibawa ke Sel Tahanan Kejari Bengkalis.

Sebelumnya, dengan ditetapkan dua tersangka ini, setelah Jamal dan Hamid alias Boboy yang diduga sebagai tekong pembawa TKI menyerahkan diri ke Kepolisian Polres Bengkalis terkait dengan banyaknya penemuan mayat di Perairan Bengkalis dikarena Speed Boad yang dibawa Jamal dan Hamid alias Boboy terbalik dihantam gelombang dengan membawa belasan TKI dari Malaysia ke Indonesia lewat jalur gelap. (wra)

Loading...
BERITA LAINNYA
Gakumudu Pantau Politik Uang di Bengkalis
Senin, 15 April 2019 | 15:44
BERIKAN KOMENTAR
Top