• Home
  • Bengkalis
  • Ingat, Februari 2019 Bawaslu Bengkalis Rekrut 1800 Pengawas TPS

Ingat, Februari 2019 Bawaslu Bengkalis Rekrut 1800 Pengawas TPS

Selasa, 15 Januari 2019 | 19:03
Ilustrasi
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Badan Pengawas Pemilihan umum (Bawaslu) Kabupaten Bengkalis awal Februari 2019 mendatang akan merekrut sebanyak 1.800 orang warga yang akan di tempatkan sebagai Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di seluruh Kabupaten Bengkalis.

Hal ini dikatakan Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkalis Muklashin kepada sejumlah wartawan, Selasa, 15 Januari 2019 di Kantor Bawaslu Jalan Antara.

Dikatakannya bahwa jumlah tersebut sesuai dengan jumlah TPS yang telah di sampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis.

"Kita akan lakukan rekrutmen sebanyak 1800 orang sebagai pengawas Tempat Pemungutan Suara yang akan bertugas pada hari H nanti, namun jumlah ini bisa saja berubah karena kita menyesuaikan dengan jumlah TPS hasil pendataan KPU," ungkap Mukhlasin.

Dia menambahkan bahwa untuk menjadi pengawas, persyaratannya tidak ada yang khusus artinya bawaslu akan utamakan bagi yang sudah berpengalaman.

"Kita akan utamakan juga bagi yang sudah berpengalaman pada pemilu sebelumnya, ya minimal pendidikannya SMA, sedangkan untuk umur masih belum ditentukan karena kita juga masih menunggu petunjuk teknis (Juknis),"ujarnya.

Setiap TPS, lanjut Mukhlasin akan ditempatkan satu orang pengawas, maka diutamakan juga warga tempatan.

Rencana perekrutan akan dimulai pada awal bulan Februari 2019 melalui Panwas disetiap kecamatan demgan ujuan di brntuknya PTPS ini agar bisa menciptakan pemilu yang demokrasi dan bisa meminimalisir terjadinya kesalahan.

"Mereka akan mengawasi di TPS tersebut mulai dari dini hari sampai berakhirnya penghitungan suara,"tambah Mukhlasin lagi. (wra)

Loading...
BERITA LAINNYA
Gakumudu Pantau Politik Uang di Bengkalis
Senin, 15 April 2019 | 15:44
BERIKAN KOMENTAR
Top