• Home
  • Bengkalis
  • Di Lapas Kelas II A Kini Ada Fasilitas untuk Bermain Anak-anak Pengunjung

Di Lapas Kelas II A Kini Ada Fasilitas untuk Bermain Anak-anak Pengunjung

Selasa, 23 Oktober 2018 | 18:05

BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Untuk menghilangkan kesan atau imej bahwa penjara itu kejam. Di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bengkalis terus membenahi kualitas  pelayanan kepada masyarakat khususnya pengunjung para warga binaan.


Diantaranya adalah menyediakan fasilitas bermain bagi anak-anak yang ramah lingkungan dan nyaman.


"Tujuannya, supaya anak-anak pengunjung bisa bermain tanpa mengganggu orang tua yang sedang lepas kangen atau saling berbicara. Jadi kita buatlah taman untuk anak-anak yang ramah lingkungan. Ada fasilitas yang kita sediakan walaupun sederhana," ungkap Kepala Lapas Kelas IIA Bengkalis, Maizar kepada sejumlah wartawan, Selasa 23 Oktober 2018.


Maizar menjelaskan, fasilitas yang disiapkan khusus untuk anak-anak bermain antara lain ayun-ayunan, prosotan dan sebagainya seolah seperti yang ada di taman kanak-kanak (TK) pada umumnya. Tembok pembatas juga dilukis dengan kesan ceria dan disukai anak-anak.


"Fasilitas secara berangsur sudah kita siapkan dan sudah dirasakan, dinikmati oleh anak-anak pengunjung Lapas. Untuk tamannya sedang kita buat. Untuk lokasi taman anak-anak ini disiapkan di area besukan pengunjung dan disesuaikan kemudian dirombak menjadi areal tempat bermain," ujarnya.


Dengan adanya fasilitas baru ini bagi anak-anak, disampaikan Maizar direspon cukup positif dan memuaskan pengunjung. Bahkan pengunjung merasakan betah berlama-lama.


"Yang jelas kita ingin menyampaikan kesan bahwa penjara itu tidak 'kejam'. Kita juga menyediakan fasilitas untuk ibu hamil (Bumil), pengunjung disabel," ungkapnya lagi.


Lanjutnya lagi, Lapas IIA Bengkalis juga berencana akan menyediakan klinik kesehatan khusus untuk para narapidana rawat inap. Satu ruangan sedang direhab untuk dijadikan poliklinik, dan akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), untuk mengetahui persyaratan yang harus dipenuhi.


"Karena kita sudah punya dokter maupun perawat, kecuali yang sifatnya darurat dan harus dilarikan ke rumah sakit. Penting juga keberadaan poliklinik ini untuk menjaga keamanan. Kita siapkan dahulu tempatnya. Waktu saya di Lapas Pasirpangaraian, klinik diizinkan bahkan fasilitas seperti tempat tidur juga diberikan Dinkes," ungkapnya lagi menambahkan. (d'ari)


Loading...
BERITA LAINNYA
Daftar Pemilih Tetap di 2019 Bengkalis Bertambah
Rabu, 14 November 2018 | 16:57
Alhamdulilah, Lisrik di Bengkalis Kembali Normal
Minggu, 11 November 2018 | 10:07
BERIKAN KOMENTAR
Top