• Home
  • Bengkalis
  • Disdik Bengkalis dan Tanoto Fundation Gelar Sosialisasi Program Pintar

Disdik Bengkalis dan Tanoto Fundation Gelar Sosialisasi Program Pintar

Selasa, 09 Oktober 2018 | 15:58
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis, bekerjasama dengan Tanoto Fundation gelar Sosialisasi Program Pintar, untuk menciptakan praktek baik dalam pembelajaran, manajemen sekolah dan budaya baca, Selasa, 9 Oktober 2018.

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka Bupati Bengkalis Amril Mukminin, diwakili Asisten Perekonomian dan pembangunan Setda Bengkalis, H. Heri Indra Putra ini, digelar di ruang pertemuan kantor Dinas Pendidikan, Jalan Pertanian Bengkalis.

Program pintar ini merupakan sebuah program peningkatan kualitas pendidikan dasar di Indonesia. Pintar, atau Pengembangan Inovasi Kualitas Pembelajaran, berfokus pada tiga pendekatan, yaitu membangun praktek-praktek baik pembelajaran, manajemen dan kepemimpinan sekolah.

"Kami yakin program ini mampu mendukung pemerintah daerah untuk menyebarluaskan praktek-praktek baik dan mendukung lembaga pendidikan tenaga Kependidikan dalam dunia pendidikan. Sehingga terwujud kualitas pendidikan yang baik,"ungkap Indra Putra.

Dari pantauan, kegiatan yang diikuti sejumlah Kepala Sekolah Dasar dan pengawas ini diharapkan mampu memberikan pemahan agar program ini mampu berjalan dan memperbaiki sistem pembelajaran dari dasar.

"Dengan berjalannya program ini nanti, peningkatan kualitas pendidikan, khususnya di Sekolah Dasar bagi anak-anak kita mampu terealisasi. Sehingga Sumber Daya Manusia yang kita bentuk sejak dini ini mampu bersaing dengan baik diera yang penuh perkembangan ini,"ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Program Tanato Foundation, Stuart Weston asal Inggris yang sudah lama berkecimpung di program tersebut, kepada sejumlah wartawan mengatakan bahwa Tanoto Foundation yang didirikan Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto memulai kegiatan sejak Tahun 1981 silam.

"Sampai sekarang, Tanoto Foundation terus berinvestasi pada program-program yang menyentuh seluruh tahapan siklus kehidupan, mulai dari anak-anak usia dini hingga usia produktif,"ungkap Stuart Weston.

Diutarakannya lagi, Tanoto Foundation berkomitmen akan mengembangkan lingkungan pembelajaran yang berkualitas, mendukung pengembangan pemimpin masa depan, serta mendukung Penelitian Kesehatan.

"Program Pintar merupakan salah satu komponen dari komitmen Tanoto Foundation dalam mengembangkan Lingkungan Pembelajaran yang berkualitas,"ungkap Weston lagi.

Sampai sekarang, lanjut Stuart Weston, Tanoto Foundation telah menjalin kerjasama dengan berbagai daerah dan program ini juga sudah di sampaikan ke kementrian dan disambut baik.

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt)  Kepala Dinas Pendidikan Bengkalis Edi Sakura mengungkapkan, setelah Tanoto Fundation melakukan penawaran, pihak pemerintah daerah langsung menyambut baik Program Pintar ini.

"Ya kerjasama ini untuk 3 tahun pertama seluruhnya dibiayai oleh Tanoto Fundation, kalau hasilnya nanti baik baru kita akan lakukan kerjasama lagi dan biaya ditanggung oleh daerah,"ujar Edi Sakura.

Loading...
Untuk Kabupaten Bengkalis dikatakan Edi Sakura ada 27 sekolah yang terdapat di dua kecamatan diantaranya Kecamatan Bengkalis dan Bantan.

"Kalau dalam satu tahun kedepan setelah dilihat hasilnya dan ternyata bagus maka kita akan kembangkan ke sekolah sekolah lainnya,"kata Plt Kadisdik Bengkalis.

Pembukaan Program Pintar ini turut dilakukan penyerahan surat perjanjian kerjasama atas program pintar ini, antara Ketua Koordinator Program Tanoto Pondation Riau, Dendi Satria Buana dengan Kepada Dinas Pendidikan, Edi Sakura. (d'ari)


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top