• Home
  • Bengkalis
  • Kemitraan dengan Nelayan, Satpol Air Polres Bengkalis Bentuk FKPM Terubuk

Kemitraan dengan Nelayan, Satpol Air Polres Bengkalis Bentuk FKPM Terubuk

Selasa, 25 September 2018 | 17:49
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Satpol Air Polres Kabupaten Bengkalis kembali membentuk Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) perairan di Pulau Bengkalis. 

Setelah dikukuhkan FKPM Perairan Bantan. Dan kini Satpol Airud kembali membentuk untuk giliran sejumlah desa di Kecamatan Bengkalis bagian barat.

FKPM yang dibentuk adalah FKPM Terubuk. Pertemuan sekaligus sosialisasi peran FKPM digelar di aula Kantor Desa Kelapapati Tengah, Selasa 25 September 2018.

Sejumlah kepala desa, lurah dan nelayan hadir pada kegiatan tersebut. Mereka sangat mendukung dan menyambut baik program Nelayan Mitra Polair (Netral) Satpol Air itu.

Ketua FKPM Terubuk Bengkalis Basri mengungkapkan, pihaknya siap bermitra dengan pihak kepolisian melalui Satpol Air. Selain mempermudah nelayan menjalani aktivitas penangkapan ikan, program Netral dan FKPM membuat nelayan merasa nyaman.

"Kami sangat mendukung sekali, semoga kegiatan ini berjalan dengan baik. Selanjutnya, kami siap menangani permasalahan di laut bersama dengan Polisi," ungkap Basri usai pertemuan pembentukan FPKM.

Sebagai Ketua FKPM Terubuk, ungkap pria asal Perapat Tunggal ini, ia akan merangkul seluruh nelayan di wilayah kerjanya untuk bergabung dalam FKPM Terubuk.

"Kita akan ke desa-desa mengajak kawan-kawan bergabung ke FKPM. Banyak kemudahan disini, kita akan difasilitasi pembuatan Pas Kecil dan bersama, sepakat menjaga keharmonisan sesama nelayan," kata Basri lagi.

Sementara itu, Kasat Polair AKP Yudhi Franata, SIK menyampaikan, di Kecamatan Bengkalis mempunyai 32 Desa akan dibentuk dua FKPM, pertama FKPM Terubuk kemudian FKPM Senangin.

"Jadi di Kecamatan Bengkalis ini ada 32 desa, saya bagi dua satunya FKPM Terubuk dan FKPM Senangin. Hari ini kita bentuk FKPM Terubuk, besok FKPM Senangin," ungkap Kasat Polair ketika didampingi Kapolsek Bengkalis AKP Maitertika. 

Menurut Yudhi, FKPM perairan dibentuk merupakan implementasi keputusan kapolri terkait dengan Polmas dan program lanjutan Netral.

Loading...
"Beberapa waktu lalu kita sudah membentuk FKPM perairan di Bantan, sebanyak 46 kelompok tergabung disana dari 23 desa. Dimana kedepannya kita akan membentuk di Bukit Batu, Rupat dan Rupat Utara,"ujarnya.

Manfaat FKPM perairan diungkap Kasat Polair sangat dirasakan. Terlebih dalam mencegah konflik antar nelayan serta penyeludupan. (d'ari)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top