• Home
  • Bengkalis
  • Jalani Instruksi, Dandim Bengkalis Siap Tembak di Tempat Pelaku Pembakar Lahan

Jalani Instruksi, Dandim Bengkalis Siap Tembak di Tempat Pelaku Pembakar Lahan

Minggu, 19 Agustus 2018 | 22:31
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Jika tertangkap tangan sedang membakar lahan di wilayah Kodim 0303 Bengkalis. Kodim 0303/Bengkalis akan memberikan tindakan yang tegas.

Hal ini diungkap Komandan Kodim (Dandim) 0303 Bengkalos Letkol Inf Timmy Prasetya Harmianto kepada sejumlah wartawan akhir, Minggu 19 Agustus 2018.

Tindak tegas yang akan dilakukan tersebut sesuai arahan dari Danrem 031/Wira Bima Brigjen Sonny Aprianto beberapa waktu lalu. Dimana Danrem meminta tembak di tempat para pelaku Karhutla.

"Kita jangan melihat tembak di tempatnya saja, namun ada makna lain yang tersirat dalam pernyataan tersebut, agar kita di lapangan mengambil langkah tegas kalau menemukan pelaku pembakar lahan yang menyebabkan Karhutla," tegas Dandim 0303/ Bengkalis.

Lanjut Dandim, pihaknya tidak akan main main menangani Karhutla ini, sesuai dengan intruksi Danrem tersebut. Karena diketahui efek terhadap Karhutla bukan hanya kebakaran lahan saja tetapi efek lainnya seperti kabut asap bisa di rasakan oleh orang banyak.

"Sampai saat ini saya  tetap stanby di tempat dan tidak kemana mana hanya untuk memantau Karhutla yang saat ini terjadi," tegasnya lagi.

Diutarakan Dandim lagi, sulitnya medan untuk memadamkan api membakar lahan di beberapa titik di Bengkalis personil TNI dan tim gabungan lainya butuh perjuangan ekstra melakukannya. Apalagi kondisinya yang sulit serta sumber air yang susah jauh dari lahan terbakar.

"Banyak rintangan di lapangan yang ditemukan tim pemadam gabungan ini. Mulai medan yang sulit sampai harus memikul mesin pompa pemadam sampai ke lokasi, kondisi sumber air yang jauh juga menjadi kendala di lapangan,"ujarnya.

Untuk itu pihaknya meminta masyarakat yang memiliki lahan untuk berfikir seribu kali sebelum melakukan pembakaran. Karena kalau pihaknya mengetahuinya akan langsung di tindak tegas.

Diutarakan Dandim, untuk jumlah lahan yang terbakar sebagian besar merupakan lahan masyarakat. Pihaknya sangat menyayangkan ini bisa terjadi diduga dilakukan oleh oknum warga sekitaran.

Padahal sosialisasi terkait jangan membakar lahan ini sudah dilakukan berkali kali. Menurutnya bisa dikatakan tak ada kurang kurangnya sosialisasi dilakukan mulai dari tingkat desa sampai kecamatan. Namun masih juga ada satu dua orang melakukan pembakaran lahan ini.

Terkait lahan yang sudah terbakar saat ini, penanganannya di serahkan kepada Polres Bengkalis. Saat ini pihak Polres sedang melakukan penyelidikan terhadap beberapa lahan yang terbakar ini.

"Kalau penegakan hukumnnya tetap menjadi kewenangan Polisi. Kita selaku aparat Teritorial bisa mendorong saja agar tugas ini bisa segera di buktikan dan pelaku diduga pembakar segera diamankan," tambahnya. (d'ari) 
Loading...

Loading...
BERITA LAINNYA
Daftar Pemilih Tetap di 2019 Bengkalis Bertambah
Rabu, 14 November 2018 | 16:57
BERIKAN KOMENTAR
Top