• Home
  • Bengkalis
  • Kedapatan Simpan Ganja Kering, Tiga Napi Lapas IIA Bengkalis Diamankan

Kedapatan Simpan Ganja Kering, Tiga Napi Lapas IIA Bengkalis Diamankan

Rabu, 08 Agustus 2018 | 13:30
Tiga pelaku Narkoba yang merupakan Napi di LP IIA Bengkalis
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Pihak Lapas IIA Bengkalis mengamankan 3 orang Narapidana (Napi) diduga melakukan tindak pidana Narkotika dengan menyimpan 1 Ball Press daun ganja kering dengan berat diperkirakan 1 Kg.

Kepala Lapas IIA Bengkalis Agus Pritiatno kepada sejumlah wartawan, Rabu 8 Agustus 2018 menyampaikan bahwa sebelum melakukan penggeledahan dikamar yang dicurigai. Ia terlebih dahulu mendapat informasi dari seseorang yang dipercayai.

Demi untuk mengantisipasi barang barang terlarang baik itu Senjata Tajam (sajam) dan Narkoba, kemudian pihak Lapas Bengkalis dengan secara rutin melakukan Razia. Tepatnya pada Selasa 7 Agustus 2018 sore kemaren pada pukul 15.00 wib, dari orang kepercayaan didalam bahwasanya akan ada barang yang mau masuk ke LP.

Mendapat informasi tersebut, lalu Kalapas bersama tim penjagaan Lapas melakukan pemeriksaan di kamar yang dicurigai tersebut.

"Dengan merasa curiga pada sorenya kita langsung melakukan penggeledahan di kamar warga binaan. Dan setelah dilakukan penggeledahan, ternyata saat didalam Kamar tahanan benar ditemukan sebungkus barang diduga Narkotika yang ditutup dengan palstik hitam,"ungkap Kalapas Bengkalis Agus Pritiatno.

Lanjut Kalapas, setelah mendapati barang yang diduga Narkotika tersebut. Lalu Kalapas langsung mengintrogasi terhadap 3 orang Napi tersebut. Usai dilakukan introgasi kemudian pihak Lapas menghubungi Kasat Narkoba Polres Bengkalis AKP Syahrizal.

"Setelah kami temukan barang itu, lalu saya menanyakan siapa yang terlibat dan siapa pemilik barang tersebut. Karena saya ragu apakah benar itu narkoba kemudian saya langsung menelfon Kasat Narkoba Polres Bengkalis,"ungkap Agus Pritiatno lagi.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Bengkalis AKP Syahrizal, kepada RiauGreen.com, Rabu 8 Agustus 2018 membenarkan bahwa telah mendapat laporan dari Lapas IIA Bengkalis terkait penemuan 1 Ballpress Narkoba jenis ganja kering diduga berat 1 kg.

Diutarakan kasat AKP Syahrizal, terlapor diduga pemilik ganja kering itu merupakan tiga orang Narapidana dan satu Napi dinyatakan akan bebas dalam bulan ini. Ketiga Napi tersebut, yakni Burhan Siregar (52) warga binaan Blok B Kamar 12, Zulkifli Hasibuan (41) warga binaan Blok A kamar 11 dan Ari Suhartono (33) warga binaan Blok B Kamar 14.

"Barang bukti yang kita amankan berupa, satu ballpress ganja kering yang dilakban dan uang tunai 200 ribu rupiah,"ungkap Kasat Narkoba Bengkalis AKP Syahrizal.

Loading...
Berawal, lanjut Kasat, pada Selasa 7 Agustus 2018 sore kemaren pada pukul 15.00 Wib, Kalapas Bengkalis Agus Pritiatno, Bc,IP,S.H M.H beserta tim melakukan penggeledahan pada kamar Blok A kamar 12 dan berhasil menemukan plastik warna hitam yang didalamnya terdapat narkotika jenis ganja kering dari 3 orang Napi.

"Terhadap temuan itu, saat itu, Kalapas langsung menghungi saya, dan kemudian saya langsung menuju ke Lapas IIA Bengkalis. Sampai di lapas, terhadap 3 orang warga binaan yang mengakui bahwa ganja kering tersebut milik pelaku Burhan Siregar,"ujarnya.

Masuknya Narkoba tersebut, lanjut Kasat melalui bantuan pelaku yang merupakan seorang Napi bernama Zulkifli Hasibuan yang menjemputnya dari pelaku Ari Suhartono yang bertugas sebagai Tamping membuang sampah di luar Lapas pada, Senin 6 Agustus 2018 lalu pada pukul 17.00 wib sore lalu,"ungkap Kasat lagi.

"Modusnya, barang tersebut diantar dan ditumpukkan didalam tumpukan sampah oleh pelaku SO (DPO). Sebelum diambil oleh pelaku Ari S petugas Tamping dilapas IIA Bengkalis. Guna penyidikan dan proses lebih lanjut, ketiga pelaku beserta barang bukti sudah kita amankan di Mapolres Bengkalis," tambahnya. (d*ari)

BERITA LAINNYA
Empat Narapidana di Bengkalis Lansung Bebas
Jumat, 17 Agustus 2018 | 20:13
BERIKAN KOMENTAR
Top