• Home
  • Bengkalis
  • Belum Ada Bacaleg Yang Daftarkan Diri Di KPU Bengkalis

Belum Ada Bacaleg Yang Daftarkan Diri Di KPU Bengkalis

Senin, 09 Juli 2018 | 14:41
FOTO DAHARI RIAUGREEN.COM
Ketua KPU Bengkalis, Defitri Akbar
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Bengkalis Defitri Akbar mengaku, hingga saat ini, bakal calon legislatif (Bacaleg) belum ada mendaftarkan diri.

Hal tersebut diungkapkan Defitri Akbar kepada RiauGreen.com, Senin 9 Juli 2018.

"Hingga saat ini, belum ada satu partai politik yang mendaftarkan ke KPU Kabupaten Bengkalis,"ungkap Ketua KPU Bengkalis Defitri Akbar.

Namun, dari informasi yang diterima KPU Bengkalis bahwa, ada dari beberapa partai politik yang ingin mendaftarkan diri di kabupaten Bengkalis direncanakan pada tanggal 10 Juli 2018 besok.

"Insya Allah besok sudah ada yang mendaftarkan diri sebagai bacaleg," ungkapnya lagi.

Selain itu, diutarakannya lagi, untuk sistem pendaftaran Bacaleg ini, dengan sistem informasi pencalonan atau sistem online (Silon) dan nanti akan disondingkan dengan hat kopi yang disampaikan dengan ketua pimpinan dari partai politik itu sendiri. Dan apabila semua sudah memenuhi syarat maka, untuk pendaftaran bacaleg akan diterima.

"Jika pendaftaran tidak memenuhi syarat maka tidak akan diterima di KPU, dan akan dikembalikan lagi ke partai untuk mengulangi kembali pendaftaran tersebut. Untuk masa pendaftaran itu dimulai dari tanggal 4-17 Juli 2018,"ujarnya lagi. 

Sedangkan bagi bacaleg, dengan sistem Daftar Pemilih (Dapil), lanjut Defitri Akbar lagi, itu untuk daerah pemilihan itu ada 5 daerah pemilihan seperti Daerah Bengkalis-Bantan, itu ada 10 kursi. Dari masing-masing partai politik bisa mengajukan 100 persen dari jumlah kursi di sebuah dapil. Artinya ada 10 kursi bakal Caleg yang akan didaftarkan oleh partai politik.

"Artinya sebagai contoh, untuk bengkalis satu ini, 10 dikali dengan 16 partai politik, kemungkinan ada 160 bakal caleg yang akan bertarung di pemilu 2019 nantinya di dapil satu Bengkalis," ujarnya lagi. 

Memang diakui Defitri, untuk saat ini ada beberapa partai politik yang sudah melakukan konfirmasi untuk pendaftaran, seperti pada tanggal 10 Juli besok diantaranya partai, PKB dan partai Bekarya. Dilanjutkan partai PAN, FKPI, Perindo.

Selain itu, pada tanggal 14-17 Juli 2018 mendatang, dilanjutkan dengan pendaftaran partai Demokrat, Golkar, partai PBB, Garuda, PPP, PSI, Gerindra dan partai Hanura.

"Semua partai ini baru yang memberikan informasi ke KPU Bengkalis, rencana pendaftaran di KPU ini nantinya bisa saja berubah,"tambahnya. (d*ari)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top