• Home
  • Bengkalis
  • STIP Jakarta Buka Program Diklat Kemaritiman Di Kabupaten Bengkalis

STIP Jakarta Buka Program Diklat Kemaritiman Di Kabupaten Bengkalis

Senin, 14 Mei 2018 | 15:28
Kapal milik STIP yang sudah bersandar di selat Bengkalis
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM-Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta membuka Program Diklat Pemberdayaan Masyarakat tahun 2018 sejak Rabu 9 Mei 2018 kemarin. Program gratis ini juga terbuka untuk masyarakat umum dengan rentang usia 17-35 tahun.

"Program ini selaras dengan nawacita pemerintah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat umum untuk membekali diri tentang keselamatan dan keterampilan mengenai pengetahuan dasar keselamatan diri di bidang pelayaran dan kelautan,"kata Afridon selaku ketua jurusan Kemaritiman, Senin 14 Mei 2018 kepada sejumlah wartawan.

Hingga dengan jadwal diklat, sebanyak 104 orang peserta untuk mengikuti kegiatan selama 14 hari kedepan ini.

Afridon menambahkan para peserta berasal dari STIP, mahasiswa Jurusan Kemaritiman Polbeng, dan masyarakat umum dari berbagai daerah di Kabupaten Bengkalis.

Sebelumnya, pihak STIP telah menyurati Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis untuk meminta peserta diklat dari wilayah Bengkalis.

"Acara pembukaan kemarin turut di hadiri Direktur Polbeng, Muhamad Milchan serta 4 orang representatif dari STIP Jakarta, yakni Hadi Permadi, Hendra Gunawan, Vandi Vanado dan Roma Dormawaty yang sekaligus memberikan materi pelatihan untuk peserta,"ungkap Afridon lagi.

Setelah pembukaan dan pemberian materi mengenai pelatihan, para peserta akan mengikuti tes kesehatan selama dua hari dan puncaknya akan dilaksanakan pada 15 Mei mendatang dimana para peserta yang akan praktek kapal latih milik STIP itu bernama Kapal Latih Mohammad Husni Thamrin.

"Kapal latih ini sudah berlabuh dermaga BLJ Bengkalis pada Kamis 10 Mei kemarin dan kapal ini berfungsi sebagai tempat pendidikan, pelatihan, peragaan dan simulasi di laut,"ungkapnya.

Kemudian, diutarakannya juga sebagai kelas untuk kegiatan proses pendidikan dan pengajaran, mengembangkan serta meningkatkan pengetahuan, skill, pemahaman, pengalaman serta attitude dalam rumpun ilmu pengetahuan dan teknologi pelayaran niaga.

"Saat  ini ada tiga program pelatihan yang ditawarkan, yakni Security Awarness Training (SAT), Basic Security Training (BST) dan Advanced Fire Fighting (AFF). Para peserta yang lulus akan memperoleh sertifikat sesuai dengan bidang yang diambil ditambah Buku Pelaut,"tambah Afridon. (d*ari)



Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top