• Home
  • Bengkalis
  • BRI Cabang Bengkalis Pastikan Nasabah Aman Dari kejahatan Skimming ATM

BRI Cabang Bengkalis Pastikan Nasabah Aman Dari kejahatan Skimming ATM

Rabu, 14 Maret 2018 | 20:21
FOTO DAHARI RIAUGREEN.COM
Pemimpin cabang BRI Bengkalis Jimmy S Malay
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Bengkalis melakukan pengaman ekstra pasca heboh kasus pencurian uang direkening nasabah BRI dengan metode Skimming di beberapa daerah di Indonesia.

Upaya pengamanan ekstra ini dilakukan dengan cara menugaskan petugas BRI untuk melakukan pengecekan disetiap mesin ATM BRI di Bengkalis secara berkala. 

"Setidaknya setiap dua jam sekali kita lakukan pengecekan mesin ATM di seluruh ATM di bawah Cabang BRI Bengkalis,"kata Pemimpin Cabang BRI Bengkalis Jimmy S Malay, Rabu 14 Maret 2018. 

Upaya pencurian dengan metode Skimming, ungkap Jimmy, ini bukan hal baru terjadi. Hanya saja bank BRI baru kali ini terkena modus pencurian tersebut. 

Ungkapnya, Metode Skimming ini dilakukan dengan cara menempelkan alat pada ATM yang nantinya akan membaca data nasabah, nomor kartu ATM dan Pin ATM. Kemudian data tersebut disalin atau di kloning ke kartu ATM Kosong sehingga pelaku bisa menggunakan kartu baru untuk menguras tabungan nasabah. 

"Untuk itulah setiap dua jam sekali petugas kita patroli keseluruhan ATM BRI di Bengkalis. Guna memastikan tidak adanya benda aneh yang menempel pada ATM kita,"ungkap Jimmy lagi.

Jimmy mengatakan, hingga saat ini belum adanya terjadi di Bengkalis pencurian uang nasabah dengan cara Skimming ini. Namun pihaknya tetap melakukan upaya pengawasan sebagai bentuk pencegahan. 

"Jumlah ATM yang ada di wilayah Kantor Cabang Bengkalis saat ini ada 14 ATM yang tersebar di kecamatan Bengkalis, Bantan, Bukit Batu dan Siak Kecil, sejauh ini belum ada laporan adanya nasabah kehilangan uang direkening," ungkapnya dengan mengatakan jika terjadi hal seperti ini Bank BRI akan menganti kerugian nasabah. Hal ini sesuai dengan siaran pers dari BRI pusat. 

"Namun tentu tidak serta merta begitu saja. Kita butuh waktu untuk memprosesnya. Memastikan nantinya jangan sampai ada yang numpang atau memanfaatkan kondisi ini,"katanya lagi. 

Menurutnya, pihak BRI memastikan terlebih dulu kebenaran kehilangan uang direkening nasabah karena adanya proses Skimming. Kantor pusat BRI bisa memastikan hal ini. (d*ari)

Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top