• Home
  • Bengkalis
  • Bengkalis Kebagian 33 Unit Komputer Persekolah, UNBK Bisa Dilaksanakan Tiga Shift Per Sesi

Bengkalis Kebagian 33 Unit Komputer Persekolah, UNBK Bisa Dilaksanakan Tiga Shift Per Sesi

Senin, 19 Februari 2018 | 10:18
Plt Disdik Bengkalis Edi Sakura
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Tahun ini, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis pastikan belum ada sekolah pertama (SMP) Negeri yang melaksanakan Ujian Nasional (UN) dengan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Demikian di sampaikan, Pelaksana Tugas (Plt) Disdik Bengkalis Edi Sakura kepada sejumlah wartawan, Senin 19 Februari 2018.

Menurutnya, untuk pelaksanaan UNBK sebenarnya sudah di persiapkan pada tahun ini. Namun persiapan baru berupa pengadaan komputer dan perlengkapan lainnya untuk pelaksanaan UNBK. 

"Sebenarnya tahun ini sudah kita anggarkan pengadaan peralatan untuk pelaksanaan UNBK sekolah negeri. Hanya saja baru pengadaan, jadi kemungkinan pada ujian nasional mendatang belum bisa digunakan,"kata Edi Sakura.

Edi Sakura menargetkan, jika sejumlah pengadaan peralatan bisa rampung tahun ini, dan sekolah negeri baru bisa melaksanakan UN dengan sistem UNBK pada tahun ajaran 2019 mendatang. Jadi, ungkapnya lagi, Disdik menargetkan di tahun 2019 sudah bisa diterapkan pelaksanaan UNBK tersebut di beberapa sekloh Negeri.

Selain itu, untuk pengadaan peralatan sudah dianggarkan diantaranya pengadaan sejumlah komputer untuk sekolah yang akan melaksanakan UNBK pada tahun ajaran 2019 mendatang. Pengadaan komputer sebanyak 33 unit komputer di masing masing sekolah. 

"Kalau jumlah siswa persekolah yang melaksanakan UN di prediksi satu sekolah seratus, maka pengadaan komputer kita lakukan sebanyak 33 komputer persekolah. Nantinya dengan jumlah komputer segitu maka ujian UNBK bisa dilaksanakan tiga shift per sesinya," bebenya lagi.

Untuk pengadaan ini, memang belum semua sekolah Negeri yang mendapatkannya. Tetapi hanya satu sekolah per kecamatan yang mendapatkan pengadaan komputer untuk pelaksanaan UNBK tersebut.

"Jadi baru delapan sekolah nantinya yang dapat komputer per kecamatan satu, delapan sekolah ini berasal dari delapan kecamatan di Kabupaten Bengkalis. Dan yang masuk anggaran dari 11 kecamatan Bengkalis baru delapan kecamatan, diantaranya kecamatan yang sudah lama dan tidak termasuk tiga kecamatan baru,"ungkapnya lagi.

Menurutnya lagi, jika pengadaan tersebut tidak ada kendala, tahun depan bisa di pastikan ada delapan kecamatan yang ada untuk mengikuti ujian UNBK di kabupaten Bengkalis. 8 sekolah UNBK tersebut tidak termasuk sekolah swasta, untuk sekolah swasta bisa melakukan pengadaan sendirinya.

"Kalau untuk swasta memang sudah ada yang melaksanakan UNBK sejak tahun kemarin. Kalau tidak salah ada dua sekolah di kecamatan Mandau,"ungkap Edi Sakura lagi.

Dia menambahkan, untuk tahun ini sekolah swasta juga mengalami penambahan yang akan mengikuti UN dengan sistem UNBK.

"Kalau tidak salah ada dua sekolah swasta lagi yang akan melaksanakan UNBK, jadi totalnya ada empat sekolah swasta yang melaksanakan UNBK tahun ini. Secara lengkap nama sekolahnya saya lupa tapi ada datanya di kantor," tambahnya. (d*ari)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top