• Home
  • Bengkalis
  • Buang Sial, Berkah Bagi Pedagang Burung Pipit di Kelenteng Hok Ann Kiong Bengkalis

Buang Sial, Berkah Bagi Pedagang Burung Pipit di Kelenteng Hok Ann Kiong Bengkalis

Minggu, 18 Februari 2018 | 10:14
FOTO DAHARI RIAUGREEN.COM
Pedagang burung pipit di kelenteng Hok Ann Kiong kota Bengkalis
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Dalam perayaan imlek 2018 yang merupakan tahun Anjing, menjadi berkah bagi pedagang burung pipit yang mangkal di depan Vihara atau Kelenteng Hok Ann Kiong kota Bengkalis.

Sam (37) salah seorang pedagang burung pipit asal dari Palembang Sumatra Utara, bersama dua rekannya mengatakan bahwa mereka baru berjualan burung pipit tersebut selama 2 hari. Dan untuk burung pipit sendiri ia menyediakan sampai ribuan ekor.

"Iya mas, kami baru dua hari berjualan burung pipit disini, untuk satu ekor burung kami jual 10 ribu, dan untuk lima ekor 35 ribu," ungkap Sam kepada Wartawan, Minggu 18 Februari 2018.

Lanjut Sam lagi, menurut kepercayaan warga Tionghoa (Cina red,) bahwa dengan melepas burung adalah membuang sial bagi dirinya.

"Kalau menurut orang cina katanya melepas burung adalah membuang sial," ungkapnya lagi sambil mengatakan bahwa untuk penjualan burung pipit tersebut agak sepi pembeli.

Terpisah Yana, salah seorang warga keturunan Tionghoa ketika diwawancarai usai membeli 5 ekor burung pipit membenarkan bahwa, melepas burung adalah membuang sial dan memohon keampunan kepada yang kuasa.

"Iya, melepas burung membuang sial untuk diri kita serta mohon keampunan dan mendatangkan kebaikan. Lagipun melepas burung ini juga sudah menjadi sebagai tradisi Fang Seng, kalau dari bahasa kami," ungkap Yana. (d*ari)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top