• Home
  • Bengkalis
  • Musim Panas, Hampir Satu Hektare Perkebunan Masyarakat Bengkalis Terbakar

Musim Panas, Hampir Satu Hektare Perkebunan Masyarakat Bengkalis Terbakar

Selasa, 13 Februari 2018 | 14:39
Kapolres Bengkalis AKBP Abas Basuni SH SIK.
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Dalam beberapa hari cuaca panas terik, Kabupaten Bengkalis Riau, kembali terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tepatnya di daerah desa Temeran, kecamatan Bengkalis.

Hal tersebut membuat, pihak Kepolisian, TNI, Damkar langsung turun kelapangan untuk memadamkan api agar tidak menjalar lebih meluas lagi.

Kapolres Bengkalis AKBP Abas Basuni SH, SIK, ketika diwawancarai sejumlah wartawan menyampaikan, Selasa (13/2/18) bahwa karhutla tersebut merupakan perkebunan masyarakat.

"Apinya sudah padam, tapi masih ada asapnya, karhutla ini merupakan perkebunan masyarakat di desa Temeran," kata Kapolres Bengkalis AKBP Abas Basuni.

Ketika disinggung terkait Karhutla itu, apakah ada unsur kesengajaan atau tidak. Lanjut Kapolres, masalah karhutla ini belum diketahui penyebabnya dan masih dilakukan penyelidikan.

"Penyebab kebakaran kita belum tau, dan kita juga sudah memberikan himbauan dengan memasang sepanduk-sepanduk yang mengatakan, kalau musim panas lahan jangan dibakar karena itu resikonya dengan hukum," ungkap Kapolres lagi.

Diungkapkan orang nomor satu di Polres Bengkalis itu lagi, bagi masyarakat yang memiliki perkebunan mari sama sama menjaga dan punya rasa tanggungjawab. Disamping itu, bagi pelaku pembakar lahan atau perkebunan jika tertangkap akan langsung di proses hukum.

"Untuk proses hukum masih berjalan, jika tertangkap langsung kita proses. Saat api menyala terlebih dahulu kita lidik dan mendalaminya dan memberikan police line serta mencari siapa pemiliknya," tegasnya.

Ungkap Kapolres, untuk luas kebakaran yang terjadi di wilayah tanah gambut desa Temeran kecamatan Bengkalis sampai saat ini kurang lebih satu hektare.

"Dilokasi kebakaran masih tinggal asapnya dikarnakan tanahnya gambut,"tambahnya lagi. (d*ari)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top