• Home
  • Bengkalis
  • Jalan Banyak yang Hancur, Masyarakat Rupat Desak Pemkab Bengkalis Segera Perbaiki

Jalan Banyak yang Hancur, Masyarakat Rupat Desak Pemkab Bengkalis Segera Perbaiki

Rabu, 22 November 2017 | 19:32
Foto Dokumen:Dahari
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Masyarakat pulau Rupat mendesak Pemerintah Kabupaten Bengkalis bergerak cepat mengabil langkah-langkah untuk mengatasi persoalan kerusakan jalan di pulau indah tersebut. Jika tetap menunggu angaran 2018, dikawatirkan kondisinya semakin parah dan jalan poros sejumlah desa terputus.

Seperti diungkapkan tokoh muda Rupat, Izan bin Jamil, Rabu (22/11/17). Menurutnya, kerusakan jalan Rupat tidak bisa didiamkan dan harus segera diperbaiki,"Kondisinya sangat-sangat memperihatinkan, kalau tetap menunggu anggaran 2018, saya yakin kondisinya bertambah hancur. Harus ada perbaikan untuk jangka pendek," ujar dosen salah satu perguruan tinggi di Bengkalis ini.

Saban hari kata Izan anak sekolah berkubang dengan lumpur, tidak hanya itu ekonomi masyarakat juga terdampak dikarenakan jalan rusak," Kasihan anak-anak sekolah, harus dicarikan solusi jangka pendek sebelum pekerjaan tahun anggaran 2018 dilakukan. Ekonomi masyarakat juga terdampak, hasil-hasil pertanian sulit diangkut dan nilainya juga menurun," sebut Izan lagi.

Diakui, untuk membangun seluruh infrastruktur jalan di pulau Rupat tidak bisa dilakukan dalam dua atau tiga tahun anggaran, karena infrastruktur jalan yang harus dibangun masih terlalu banyak dan anggaran yang ada juga tidak memadai. Hanya saja kata Izan, untuk kondisi jalan yang teramat parah kerusakannya, pemerintah harus mencarikan solusi bagaimana aktivitas msyarakat tidak terhenti disebabkan kerusakan jalan.

"Soal bagaimana caranya, saya yakin pemerintah pasti bisa. Tapi kalau kita berdiam dan hanya menunggu kegiatan tahun 2018, maka akan semakin panjanglah derita masyarakat pulau Rupat. Mudah-mudahan ada perbaikan entah dalam bentuk base atau apalah namanya," harap Izan.

Seperti diberitakan sebelum  ini, Ketua DPRD Bengkalis, H Abdul Kadir memgaku turut prihatin dengan kondisi jalan di pulau Rupat. Kata Kadir, tidak hanya jalan Desa Suka Dama, Titi Akar dan Darul Aman dan Kelurahan Terkul saja yang rusak, sebagian besar jalan pulau rupat mengalami kerusakan parah.

"Sebagian besar kondisi jalan di pulau Rupat itu rusak, bukan hanya di tiga desa itu saja," sebutnya anak jati asal Rupat ini, Kamis (16/11) lalu.

Kata Kadir, pemerintah tiap tahun telah membangun atau memperbaiki jalan yang rusak. Hanya saja katanya, pembangunan yang dilakukan tidak bisa sekaligus, tapi bertahap disesuaikan dengan kemampuan anggaran (APBD).

"Setiap tahun pasti ada jalan yang dibangun, sipatnya bertahap tidak bisa sekali gus. Dan untuk jalan di Desa Suka Damai, Titi Akar dan Darul Aman ini insyaalah tahun 2018 ini dibangun," ungkap sekjen DPD PAN Bengkalis ini.

Kadir berharap masyarakat bersabar. Untuk kondisi jalan yang mengalami kerusakan parah sementara perbaikan atau pekerjaannya belum dilakukan untuk tahun ini atau tahun depan, sementara bisa diperbaiki dengan cara swakelola yang anggarannya berada di kecamatan. (d'ari)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top