• Home
  • Bengkalis
  • Kaburnya Napi Dari Lapas IIA Bengkalis, 4 Orang Petugas Keamanan Diperiksa Kemenkumham Riau

Kaburnya Napi Dari Lapas IIA Bengkalis, 4 Orang Petugas Keamanan Diperiksa Kemenkumham Riau

Minggu, 19 November 2017 | 11:03
Azizie Pelaku tahanan yang kabur dari Lapas IIA Bengkalis

BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Terkait kaburnya 1 orang tahanan di Lapas IIA Bengkalis yang merupakan Bandar Narkoba asal warga Negara Malaysia bernama Muhammad Azizie (33) bin Abdul Hamid.

Pelaku Muhammad Azizie dikenakan pasal 112 ayat (1) Jo 111 ayat (1) dengan hukuman 15 tahun kurungan dan sisa hukuman selama 11 tahun 2 bulan, 28 hari kurungan penjara. Dan kabur pada Jum'at (17/11/17) lalu pada pukul 23.00 Wib.

Pihak Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Riau langsung melakukan penyelidikan terhadap 4 orang petugas Keamanan di Lapas IIA Bengkalis. Pemeriksaan 4 petugas LP tersebut dilakukan, Sabtu (18/11/17) kemaren. 

Sementara itu, Kepala Lapas IIA Bengkalis Agus Pritiatno ketika diwawancarai sejumlah wartawan menerangkan, bahwa pada saat terjadinya Napi kabur tersebut, dirinya sedang berada di Pekanbaru. Sehingga dia mengetahui setelah mendapatkan informasi dari anggotanya sendiri.

"Setelah mendapatkan laporan ada kaburnya Napi dari sel Lapas, saya langsung melaporkan ke Kanwil Menkumham, untuk segera ditindaklanjuti," kata Kalapas Agus Pritiatno, Minggu (19/11/17). 

"Waktu kejadian itu, ada 4 orang yang ditugaskan sebagai penjaga. Sehingga 4 orang tersebut saat ini sedang diperiksa oleh 3 orang petugas dari Kanwil Kemenkumham Riau,"katanya lagi.

Empat orang petugas penjagaan tersebut selain sedang menjalani pemeriksaan, untuk sementara dinon-aktifkan dalam bekerja,"Dan apabila terbukti ada kesalahan dari ke 4 petugas tersebut, maka tindakan tegas dipastikan akan dikenakan terhadapnya,"tegasnya lagi.

"Kita belum tahu, sampai kapan pemeriksaan 4 petugas jaga tersebut akan selesai, atau mungkin akan dilanjutkan pemeriksaan oleh pejabat Kemenkumham yang diatasnya,"imbuhnya.

Dari pemberitaan sebelumnya, Mohammad Azizie (33) bin Abdul Hamid, yang baru menjalani 3 tahun kurungan penjara, berhasil kabur pada malam hari. Saat itu, Azizie bermodus dengan berpura-pura akan mengambil makan dari pintu utama Lapas, kemudian diam-diam ia kabur dari Lapas menggunakan topi, baju merah dan celana pendek.

Disamping itu, dari informasi dilapangan, pelaku Azizie yang kabur dari Lapas IIA Bengkalis hingga saat ini sudah 2X24 Jam belum juga ditemukan. Namun proses pencarian masih terus dilakukan yang bekerjasama dengan pihak Kepolisian setempat. (d*ari)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top