46 PPS Pemilihan se-Kabupaten Bengkalis Dilantik

Senin, 13 November 2017 | 10:51
Komisioner KPU Bengkalis Khairul Saleh memberikan selamat kepada anggota PPS Kecamatan Bengkalis dan Bantan yang baru saja dilantik

BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Sebanyak 465 panitia pemungutan suara (PPS) pemilihan gubernur dan wakil gubernur Riau (pilgubri) 2018 se-Kabupaten Bengkalis dilantik secara serentak. Mereka ini terdiri dari 11 kecamatan 155 desa di kabupaten bengkalis.

Pelantikan dilakukan di lima zona dengan rincian, zona 1 kecamatan Bengkalis - Bantan sebanyak 162 orang, terdiri dari Kecamatan Bengkalis 31 desa berjumlah 93 orang. Kemudian Kecamatan Bantan 23 desa berjumlah 69 orang. Pengukuhan dan pengambilan sumpah di lakukan komisoner KPU Divisi Proda, Khairul Saleh, bertempat di Kantor Camat Bengkalis, Sabtu (11/11).

Untuk zona 2 Kecamatan Bukit Batu - Siak Kecil dan Bandar Laksamana berjumah 102 orang. Rinciannya, Bukit Batu 10 desa 30 orang, Siak Kecil 17 desa 51 orang dan Bandar Laksamana 7 desa sebanyakj 21 orang. Pengukuhan dan pengambilan sumpah dilakukan oleh Komisioner KPU Divisi Teknis, Sueb Usman juga pada hari Sabtu.

Kemudian zona 3 Kecamatan Rupat - Rupat Utara berjumlah 72 orang terdiri dari Kecamatan Rupat 16 desa sebanyak 48 orang dan Kecamatan Rupat Utara 8 desa sebanyak 24 orang. Pengukuhan dilakukan oleh Komisioner KPU Divisi Hukum M Husni Lebra.

Selanjutnya zona 4 Kecamatan Mandau dan Bhatin Solapan berjumlah  72 orang. Terdiri dari Kecamatan Mandau 11 desa/kelurahan sebanyak 33 orang dan Kecamatan Bhatin Solapan 13 desa berjumlah 39 orang. Pengukuhan dilakukan  langsung Ketua KPU Bengkalis, Defitri Akbar.

Terakhir zona 5 terdiri dari Kecamatan Pinggir dan Talang Muandau berjumlah 57 orang. Untuk Kecamatan Pinggir 10 desa berjumlah 30 orang dan Kecamatan Talang Muandau 9 desa sebanyak 27 orang. Pengukuhan dilakukan oleh Komisioner KPU Divisi Logistik, Elmiawati Safarina.

Menurut salah seorang Komisioner KPU Bengkalis, Khairul Saleh, proses pendaftaran oleh PPS ini dimulai sama dengan rekrutmen PPK namun untuk PPK dilaukan tes tertulis. Sementara untuk PPS dilakukan dengan tes wawancara di masing-masing kecamatan.-Dari total pendaftar yang hampir delapan ratusan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis, sambung Khairul Saleh, terpilih 465 orang yang siap mental dan fisik dalam menghadapi pilgubri 2018 mendatang.

"Sebagai penyelenggara kita harus ikuti tahapan yang sudah ditetapkan oleh KPU RI. Karena PPS punya tanggung jawab yang tinggi dalam menjaga terjaminnya pemilihan gubernur dan wakil gubernur 2018 mendatang," ujar pria yang akrab disapa Atah ini seraya mengajak PPS maupun PPK untuk bekerja profesional dan tidak berpihal kepada salah satu pasangan yang akan ikut berkompetisi nantinya, sabtu (11/11/17) kemaren.

Kalau ada PPS sebagai penyenggara yang berniat untuk tidak independen dan diragukan integritasnya, ujarnya, lebih baik mengundurkan diri saja dari penyelenggara. (d'ari)


BERITA LAINNYA
3 Siswa SDN 5 Bengkalis Terima Beasiswa Berprestasi
Kamis, 16 November 2017 | 16:01
BERIKAN KOMENTAR
Top