• Home
  • Bengkalis
  • Diskes Sarankan Zulkaisar Dibawa ke RSJ Pekanbaru

Diskes Sarankan Zulkaisar Dibawa ke RSJ Pekanbaru

Selasa, 10 Oktober 2017 | 18:34
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Terkait adanya pasien gangguan jiwa dipasung rantai besi bahkan sudah berlangsung hampir sebulan, Zulkaisar alias Kai (37), warga Jalan Lebai Wahid Gang Sahabat, Desa Bantan Tua, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis Dinas Sosia (Dinsos) Kabupaten Bengkalis mengaku kaget.

Karena informasi sebelumnya yang sudah disampaikan, Dinsos sudah menyarankan, bahwa pihak keluarga, didampingi kepala desa (Kades) dan kepala dusun agar mengirim pasien ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) ke Pekanbaru bukan harus dipasung menggunakan apapun.

"Kami sudah menyarankan pihak keluarga, kepada Kades dan termasuk kepala dusun agar pasien ini sebaiknya di antar dulu ke RSJ Pekanbaru karena sudah meresahkan dan membahayakan. Dan kalau dipasung sudah merupakan larangan dan tidak dibenarkan serta melanggar aturan karena pemerintah menekankan zero pasung bagi pasien gangguan jiwa," ungkap Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial H. Mukhlis didampingi Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial dan Penyandang Disabilitas H. Anwar Dinsos Kabupaten Bengkalis, kepada sejumlah wartawan, Selasa (10/10/17).

Disebutkan H. Anwar, terkait dengan dana operasional atau transportasi yang ditimbulkan dari proses mengantar pasien diakuinya Dinas Sosial (Dinsos) tahun 2017 ini untuk anggaran murni tidak mencukupi. Namun akan tetap diganti setelah pengesahan APBD Perubahan yang sudah dialokasikan.

"Biaya mengantar atau transportasinya nanti akan diganti dari pihak Dinsos setelah APBD Perubahan disahkan. Untuk kuota anggaran 2017 khusus bantuan biaya transportasi keluarga pasien gangguan jiwa sudah habis, kemarin ada jatah 23 untuk Bengkalis sudah habis digunakan. Seperti keluarga paisen Zulkaisar akan dimasukkan dalam tambahan ke 20 keluarga pasien di APBD Perubahan," katanya lagi.

Sebelumnya diinformasikan, dikhawatirkan mengamuk dan menyerang, Zulkaisar (37), salah seorang penderita gangguan jiwa, warga RT/RW 02/01 Jalan Lebai Wahid Gang Sahabat, Desa Bantan Tua, Kecamatan
Bantan, Kabupaten Bengkalis sejak sekitar hampir sebulan terpaksa harus dikekang dengan rantai di rumahnya oleh pihak keluarga.

Zulkaisar dikenal warga setempat dengan sebutan Kai ini, mengalami gangguan jiwa sejak beberapa tahun lalu. Dia juga sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Pekanbaru dan dinyatakan sembuh dan sempat bekerja membantu di desa.

Namun, hampir sebulan lalu penyakit yang dideritanya itu kambuh. Bahkan diperparah dengan 'menyerang' dan 'mengamuk' warga. Kemudian sambil berkeliaran menggunakan senjata tajam, dan sempat menyerang satu unit mobil milik warga. (D'ari)

BERITA LAINNYA
Cabang Fahmil Bengkalis Rebut Juara 1 dan 3
Kamis, 14 Desember 2017 | 13:34
Fahmil Putra Asal Bengkalis Masuk Final
Rabu, 13 Desember 2017 | 12:50
BERIKAN KOMENTAR
Top