Banjir di Bengkalis Mulai Genangi Rumah Warga

Selasa, 24 Januari 2017 | 10:40
foto dahari
Terlihat seorang anak sedang bermain di tengah banjir
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Sejumlah ruas di Kota Bengkalis Riau dan sekitarnya terendam air hingga setinggi lutut orang dewasa setelah diterpa hujan sejak malam dinihari tadi (Senin,red). Badan Penanggulangan Bencana (BPB) Kabupaten Bengkalis terus memantau ketinggian air untuk mengantisapasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pantauan di lapangan, selain kawasan simpang empat Jalan Antara Ujung – Wonosari Barat yang memang menjadi langganan banjir. Tahun ini, beberapa ruas lainnya juga tergenang air dengan kedalaman bervariasi. Seperti persimpangan Jalan Pattimura – Hang Tuah, dengan ketinggian mencapai lutut orang dewasa. Di persimpangan ini, sejumlah pemuda tampak mengatur lalu lintas kendaraan agar tidak macet dan juga tidak masuk kedalam parit, mengingat parit di kanan kiri jalan sudah tidak terlihat karena rata dengan air.

Banjir di persimpangan ini meluas hingga SMAN 3, kemudian ke arah Barat hingga pertigaan Jalan SDN 04 Damon. Ke arah Timur, dari persimpangan ini, hingga simpang empat lampu merah Ahmad Yani – Hang Tuah juga air tergenang hingga masuk ke pertokoan. Pantauan di lapangan, sebagian pertokoan di sepanjang jalan ini memilih untuk tutup, terutama yang berdekatan dengan simpang empat Pattimura – Hang Tuah karena ketinggian air di sini cukup dalam.

Kepala BPB Kabupaten Bengkalis, H Moch Jalal saat dihubungi mengatakan, pihaknya terus memantau ketinggian air guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Petugas dari BPB Bengkalis sebanyak dua tim dengan menggunakan dua perahu karet siap siaga di kawasan SDN 4 Bengkalis.

"Kita terus pantau karena ketinggian air bisa makin dalam mengingat sampai saat ini hujan belum reda. Namun demikian, harapan kita dan doa kita bersama, mudah-mudahan air bisa segera surut," harap Jalal.

Dikatakan, sampai saat ini belum ada warga yang minta diungsikan walaupun rumah-rumah mereka sudah kemasukan air. Warga masih menunggu perkembangan lebih lanjut sambil berharap hujan berhenti dan air segera surut. "Apapun kondisi yang tejadi nanti, kita sudah siap mengantisipasi," ujar Jalan meyakinkan warga.

Jalal tidak mau berandai-andai mengapa sejumlah kawasan yang biasanya bebas banjir, namun pada tahun ini bisa terendam. "Yang pasti memang hujan turun sangat lebat dan cukup lama, sementara daya tampung drainase mungkin terbatas," kata Jalan lagi. (d'ari)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top