Kes-PK BKKBN Pusat Kunker ke SMA Negeri 1 Bengkalis

Senin, 2 Maret 2015 | 17:31:48
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Deputi Kes-PK BKKBN Pusat melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke SMA Negeri 1 Bengkalis, khususnya mengunjungi Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) "Nuansa" SMAN 1 Bengkalis.

Turut hadir dalam rombongan tersebut adalah Direktur Bina Ketahanan  Remaja dan juga dari BKkbN Provinsi Riau, Wakil Bupati Bengkalis, H Suayatno.

Sementara itu, dalam sambutan Wabup Bengkalis, berujar bahwa masa remaja merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa, sehingga kehidupan remaja sangat menentukan bagi masa depan.

"Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa, kehidupan remaja merupakan kehidupan yang sangat menentukan bagi kehidupan di masa yang akan datang," kata Wabup, Senin (2/3/15).

Diuraikan Wabup, Hasil Survei Demografi Kependudukan Indonesia (SDKI) tahun 2012, menjelaskan bahwa masalah yang menonjol dikalangan remaja yaitu permasalahan seputar seksualitas, HIV dan aids, serta Napza, rendahnya pengetahuan remaja dan median usia kawin pertama perempuan yang relatif masih sangat rendah, yaitu 19,8 tahun.

"Salah satu cara efektif untuk mengantisipasi dan mengatasi berbagai permasalahan tersebut adalah melalui pusat informasi konseling remaja (PIK-R), yang merupakan wadah kegiatan Program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PKBR) yang dikelola dari dan oleh remaja," ungkapnya.

PIK R sendiri bertujuan memberikan informasi, konseling dan perencanaan bagi remaja, serta penunjang lainnya.

"Diharapkan dapat tercipta kondisi sehat secara menyeluruh yang dimiliki remaja mulai fisik, mental, emosional maupun seksual. Dengan peran PIK-R, sosialisasi program PKBR dilingkungan remaja khususnya di sekolah-sekolah sangatlah efektif, karena komunikasi yang dijalin dilakukan dengan pendekatan dari, oleh dan untuk remaja itu sendiri," jelasnya. (d'ari)


BERITA LAINNYA
Sekda Ingatkan ASN untuk Tingkatkan Disiplin Kerja
Senin, 19 Februari 2018 | 10:54
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top