Festival Mandi Safar di Pulau Rupat Berlangsung Semarak

Selasa, 14 November 2017 | 18:55
RUPAT UTARA, RIAUGREEN.COM – Walaupun pagi harinya sempat diterpa hujan, pelaksanaan Ritual Mandi Safar di Tanjung Lapin, Desa Tanjung Punak, Kecamatan Rupat, Selasa 14 November 2017 berlangsung semarak.
 
Terlebih, pada perhelatan tahunan ini, dihadiri langsung orang nomor satu di Bumi Lancang Kuning dan Negeri Junjungan sejumlah tamu undangan penting Pemerintah Provinsi Riau maupun Kabupaten Bengkalis, serta undangan lainnya.
 
Warga menyaksikan acara inti yakni prosesi Mandi Safar terhadap anak-anak oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman dan Bupati Bengkalis Amril Mukminin. Tidak hanya, warga disuguhi berbagai pertunjukan seni budaya, diantaranya penampilan peserta The Voice Kids di televisi swasta nasional Desna, pertunjukannya tarian bernuansa Melayu oleh sanggar dan penampilan musik dari Sanggar Senduduk Putih pimpinan Usman. 
 
Salah seorang warga Tanjung Lapin mengaku senang setiap tahun di kampungnya dijadikan acara tahunan Festival Mandi Safar. Karena wisatawan yang datang banyak, sehingga mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.
 
"Warga setempat bisa berjualan, homestay-homestay ditempati para wisatawan. Kalau hari biasa, jumlah wisatawan yang datang minim, kecuali hari Lebaran," ungkap Ali yang mendadak alih profesi berjualan panganan.
 
Sementara itu Suryaman yang datang dari Desa Cingam, Kecamatan Rupat, sengaja datang ke Pantai Tanjung Lapin, untuk menyaksikan kemeriahan Festival Mandi Safar, juga untuk mengabadikan setiap momen dalam jepretan kameranya.
 
Menurutnya, meskipun perjalanan dari Batu Panjang menuju lokasi keramaian harus ditempuh dengan perjalanan melelahkan, namun tidak menyurutkan niatnya untuk datang.
 
Menurut Suryaman, Pulau Rupat memiliki potensi yang besar di sektor pariwisata di Provinsi Riau, untuk itu diharapkan Pemerintah Provinsi Riau mendukung Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam menunjang infrastruktur jalan dari Batu Panjang ke Tanjung Medang. Mengingat, jalan lintas Pulau Rupat belum terhubung seluruhnya. (d'ari)

BERITA LAINNYA
Sekda Ingatkan ASN untuk Tingkatkan Disiplin Kerja
Senin, 19 Februari 2018 | 10:54
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top