Teknologi RISHA, Rumah Tahan Gempa Bisa Bertahan Hingga 50 Tahun

Selasa, 10 Oktober 2017 | 18:40
Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Bengkalis, menggelar sosialisasi Pembangunan Rumah Sederhana Sehat Menggunakan Teknologi RISHA Selasa (10/10/17) di aula kantor Balitbang Jalan Pertanian Bengkalis.
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Bengkalis, menggelar sosialisasi Pembangunan Rumah Sederhana Sehat Menggunakan Teknologi RISHA Selasa (10/10/17) di aula kantor Balitbang Jalan Pertanian Bengkalis.

Sosialisasi yang di buka Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) H Arianto Ini mendatagkan Moch. Edinur narasumber dari Pusat Penelitian dan Pengembangan, Perumahan dan Pemukiman, Balitbang Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) merupakan hasil penelitian Balitbang Kementerian PUPR yang telah melalui proses pengembangan sejak 2004.

Pembangunan RISHA sesuai dengan kebutuhan perumahan yang terus meningkat pesat, sangat cocok diterapkan sebagai bantuan kepada korban bencana alam yang kehilangan tempat tinggalnya.

Dalam proses pembangunannya, RISHA tinggal pasang dengan menggabungkan panel-panel beton dengan baut, sehingga pembangunan rumah ini dapat diselesaikan dengan waktu jauh lebih cepat dibandingkan rumah pada umumnya dengan biaya rendah namun layak huni.

"RISHA efektif diterapkan di sebagai bantuan kepada korban bencana alam, pemukiman padat penduduk dan orang-orang yang menginginkan penyelesaian yang cepat namun tetap dengan rumah yang layak huni," terang Edinur.

Selain itu,  teknologi RISHA yang telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) ini mempunyai konsep bahwa komponen yang terdiri dari kolom, pondasi dan atap rumah dapat di bongkar-pasang atau knock down serta tahan akan gempa.

"RISHA merupakan rumah dengan konsep knock down terdiri dari komponen yang telah teruji tahan gempa sehingga bisa bertahan hingga 50 tahun."

Peserta sosialisasi yang terlihat antusias berharap RISHA dapat dikembangkan agar dapat tahan terhadap angin puting beliung yang beberapa waktu lalu sempat menerjang Kecamatan Bantan dan Siak Kecil. (d'ari)

BERITA LAINNYA
Kabupaten Bengkalis Peringkat II KI Award Riau 2017
Kamis, 07 Desember 2017 | 14:16
125 Peserta Ikuti Sosialisasi LKPJ dan LPPD TA 2017
Selasa, 05 Desember 2017 | 15:22
BERIKAN KOMENTAR
Top