PNS Berdedikasi dan Pekerja Keras di Bengkalis? Ini Dia Orangnya

Jumat, 18 Agustus 2017 | 21:57
Muslim menerima piagam penghargaan dari Bupati Bengkalis Amril Mukminin pada acara temu ramah sempena HUT ke-72 Kemerdekaan RI di Balai Kerapatan Adat Sri Mahkota Bengkalis, Jum’at (18/8/2017)
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Sempena peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2017, Bupati Bengkalis Amril Mukminin, memberikan penghargaan kepada para teladan di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

Penghargaan itu diberikan saat acara temu ramah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis dengan Veteran, Pejuang Angkatan '45, Warakawuri, Wredhama, para teladan dan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Acara temu ramah itu ditaja di Balai Kerapatan Adat Sri Mahkota Bengkalis, Jum'at (18/8/2017) siang.

Salah satu teladan penerima penghargaan dimaksud adalah Muslim. Suami Effizuzana ini adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Perhubungan (Dishub) Bengkalis.

Muslim Liem begitu namanya di akun facebook, menerima penghargaan sebagai PNS berdedikasi, pekerja keras dan memiliki tanggungjawab yang tinggi dalam melaksanakan tugas.

 "Saya betul-betul tak menyangka mendapat penghargaan ini! Awalnya saya kira Kepala Dinas (Kadishub H Jaafar Arif) hanya seloroh (hanya bercanda). Sedih, haru, dan suka cita, bercampur semuo (semua)," cerita Muslim, yang sehari-hari bermastautin di Dusun Mekar Desa Senderak, Kecamatan Bengkalis ini, beberapa saat setelah menerima penghargaan tersebut.

Pria yang taat beribadah, ramah dan pandai bergaul kelahiran 4 Juli 1969 ini berjanji, penghargaan tersebut akan dijadikannya motivasi untuk semakin meningkat kualitas kinerja.

"Untuk semakin disiplin sebagaimana diamanahkan dalam Panca Prasetya Korpri," tambah Muslim yang sebelum diangkat menjadi PNS merupakan tenaga honorer di Dishub dari 2001-2007.

Apa artinya kerja di mata ayah dari Erhan Ardianda (23), mahasiswa D4 jurusan Sistem Informasi Politeknik Caltex Riau, Rumbai, Pekanbaru dan Sonia Lusiana (15) pelajar kelas X SMA Negeri 1 Bengkalis ini?

"Bagi saya kerja adalah ibadah. Dalam bekerja kita harus ikhlas, serius dan menjiwainya. Meskipun bertugas di lapangan, kita harus tetap bangga," Muslim memberikan kiat suksesnya dalam bekerja.

Kiat sukses yang bukan saja berhasil mengantarkannya hingga bisa menerima penghargaan dari Bupati Bengkalis itu. Tetapi juga kiat sukses yang harus diteladani PNS-PNS lain di daerah ini.

Sementara saat ditanya tentang hobi, staf Pengendalian Operasional (Dal Ops) Bidang Lalu Lintas Dishub ini mengatakan, menyanyi dan menjadi pranatacara atau master of ceremony (MC). Khususnya sebagai MC untuk acara serah terima antar belanja (acara pernikahan).

Di lingkungan Pemkab Bengkalis namanya memang tidak asing. Rasanya sangat sulit menemukan pegawai, khususnya PNS yang tak kenal dengan pria yang pernah bertugas sebagai Kepala Pos Pelabuhan Sungai Selari, Kecamatan Bukit Batu selama kurang lebih 4 tahun ini. Lebih-lebih PNS yang rajin ikut apel atau upacara di halaman kantor Bupati Bengkalis.

Pasalnya, mungkin Muslim adalah satu-satunya PNS yang paling sering menjadi petugas pembaca/pengucap Panca Prasetya Korpri. Baik itu untuk apel/upacara internal, maupun yang bersifat gabungan, semisal pada upacara Hari Kesadaran Nasionl (HKN) yang ditaja tanggal 17 setiap hari bulan.

Konon, sampai setakat ini setidaknya ada 13 Perangkat Daerah (Dinas/Badan) di lingkungan Pemkab Bengkalis yang pernah menggunakan jasanya untuk menjadi pembaca/pengucap Kode Etik Korpri tersebut.

Namun, katanya, yang paling berkesan hingga saat ini adalah ketika dia bertugas sebagai pengucap Panca Prasetya Korpri di depan Kapolda Riau Irjen Zulkarnain Adinegara.

Yaitu, saat orang nomor satu di jajaran Kepolisian Daerah Riau tersebut melakukan kunjungan kerja ke daerah ini dan didaulat menjadi inspektur upacara di halaman kantor Bupati Bengkalis sempena HKN dan HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) ke-98, Jumat (17/3/2017) lalu.

"Hal yang sulit dilupakan ketika dipercaya menjadi pengucap Panca Prasetya Korpri di depan Kapolda Riau beberapa bulan lalu. Apalagi saat itu Bupati Bengkalis dan Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (H Arianto) juga hadir. Alhamdulillah meskipun sedikit gugup, kepercayaan itu dapat saya tunaikan dengan sukses," pungkas Muslim. (hms)


BERITA LAINNYA
Sekda Ingatkan ASN untuk Tingkatkan Disiplin Kerja
Senin, 19 Februari 2018 | 10:54
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top