Plt Sekda Bengkalis Imbau Perbanyak Ibadah di Bulan Puasa

Minggu, 21 Mei 2017 | 22:19
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Bulan suci Ramadhan sudah 'diambang pintu', masyarakat muslim diingatkan untuk memprbanyak ibadah selama bulan Ramadhan. Selain menjalan ibadah wajib puasa di siang Ramadhan juga memperbanyak ibadah-ibadah lain seperti qiyamullail (Shalat Tarawih,red), membaca Al-Quran (Tadarus), bersedeqah dan lainnya.

            Himbauan tersebut disampaikan Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bengkalis H Arianto saat dihubungi, Minggu (21/5). Kata Arianto momentum bulan suci yang hanya datang satu tahun sekali, hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

            "Bulan puasa hanya tinggal menghitung hari, mari persiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Saya mengajak kepada kita semua (masyarakat Muslim) untuk memanfaatkan momentum Ramadhan ini dengan memperbanyak amal ibadah, shalat berjamaah di masjid, tarawih dan tadarus bersama," ajak Arianto.

            Hal penting lain yang harus dilakukan selama bulan Ramadhan kata Ketua LPTQ Kabupaten Bengkalis ini, adalah menjaga kesucian bulan Ramadhan dengan tidak melakukan hal-hal yang dilarang oleh agama. Seperti sengaja mempertontonkan diri dengan tidak berpuasa.

            "Kita jaga kesucian bulan Ramadhan ini dengan amal ibadah dan tidak merusaknya.  Kita jaga, agar orang atau saudara-saudara non muslim juga menghormati bulan Ramadhan dan menghargai kita yang sedang berpuasa," himbau Arianto lagi.

            Sementara itu ketika ditanya ketentuan masuk dan pulang kerja bagi ASN Pemkab Bengkali, kata Arianto pihaknya belum menerima keputusan tersebut. Soal jadwal masuk, istirahat dan pulang ASN ditetapkan oleh Pemprov Riau.

            "Senin nanti (hari ini,red) saya cek apakah surat keputusan dari Gubernur sudah masuk ke kantor atau belum. Saya belum bisa beri penjelasan terkait jadwal ini, tapi saya kira tak akan jauh beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Bekitupun soal pakaian yang dikenakan ASN selama Ramadhan,"sebut Arianto.

            Begitupun soal rumah makam dan kedai kopi di Bengkalis selama bulan Ramadhan, apakah tetap buka seperti tahun-tahun sebelumnya atau ada ketentuan lain. "Belum ada keputusan dari Pemkab, insyaallah dalam dua atau tiga har ini," sebutnya lagi.

Gotong Royong

            Selain ziarah ke makam, tradisi lain yang dilakukan masyarakat Bengkalis jelang bulan Suci Ramadhan adalah bergotong royong membersihkan rumah ibadah seperti masjid dan mushalla. Ada yang mengecat mempercantik rumah ibadah ada juga yang sekadar memberishkan perkarangannya.

            Seperti di mushalla Al Ihsan gang Abdul Muluk Senggoro misalnya, puluhan jamaah pagi Minggu (21/5/17) terlihat membersihkan karpet dan sajadah serta lingkungan mushalla. Sementara di masjid al –Mubarak jalan Bantan Senggoro sejumlah pemuda terlihat mengecat tiang-tiang masjid sehingga terihat lebih indah.

            "Begeinilah semarak dan semangatnya masyarakat atau jamaah menyambut bulan Ramadhan. Gotong royong bersama, membersihkan surau dan masjid agar pelaksanaan ibadah selama bulan Ramadhan lebih khusyu' dan nyaman," ujar ustad Karma, imam surau Al Ihsan. (d'ari)

BERITA LAINNYA
Sekda Ingatkan ASN untuk Tingkatkan Disiplin Kerja
Senin, 19 Februari 2018 | 10:54
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top