• Home
  • Batu Akik
  • Batu Kecubung Biru Laut dan Bulu Merah Bisa Mencapai Rp20 Juta

Batu Kecubung Biru Laut dan Bulu Merah Bisa Mencapai Rp20 Juta

Senin, 9 Februari 2015 | 13:18:32
foto net
Batu Kecubung
PONTIANAK, RIAUGREEN.COM - Demam batu cincin selain melahirkan bisnis kecil-kecilan semacam jasa poles, ternyata bisa menghidupkan kembali geliat bisnis di sebuah kabupaten.

Bisnis batu cincin dari kecubung di Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat kembali ramai, seiring masyarakat yang kini "demam" batu cincin yang hampir terjadi di seluruh Indonesia.

Supriadi, 35, salah seorang penjual batu cincin kecubung saat dihubungi di Ketapang, baru-baru ini, mengatakan dalam sehari dirinya mampu menjual lima hingga sepuluh buah cincin dari batu kecubung dengan harga mulai Rp100 ribu/buah hingga Rp7 juta/buah.

"Sebelum masyarakat 'demam' batu cincin seperti sekarang, mau menjual satu buah saja sulit," ungkapnya.

Dirinya memang sengaja memanfaatkan tren meningkatnya permintaan masyarakat akan cincin bermata batu dari kecubung yang kebetulan, batu kecubungnya memang berasal dari Kecamatan Manis Mata, Kabupaten Ketapang.

"Masyarakat Kalbar umumnya memang sudah lama mengenal keindahan batu kecubung asal Ketapang yang tampil beraneka warna, mulai dari warna ungu, merah, biru laut dan kuning madu. Sehingga ketika masyarakat kembali gemar koleksi batu cincin, maka tidak sulit untuk menjual batu kecubung asal Ketapang," katanya.

Menurut dia pembeli batu cincin dari batu kecubung tidak hanya dari kalangan orang tua, tetapi juga sudah merambah ke kalangan remaja, sehingga permintaan akan batu cincin yang sudah diolah menjadi meningkat dibanding sebelum-sebelumnya.

Junaidi salah satu penggemar batu perhiasan menyatakan dirinya sudah lama mengkoleksi batu jenis apa saja untuk diolah menjadi mata cincin.

"Tetapi saya lebih senang batu kecubung asal Ketapang, karena warna batu kecubungnya yang unik," katanya.

Saat ini batu kecubung yang lagi ngetren, yakni warna biru laut dan bulu merah, harganya bisa mencapai Rp15 juta hingga Rp20 juta per buah, ujarnya.

Sebelumnya, Tri Juliardi salah seorang perajin batu kecubung di Ketapang mengaku setiap hari selalu mendapat pesanan untuk mengasah batu kecubung, baik untuk dibuat mata cincin maupun kalung dari pelanggan berbagai kalangan.

Ia berharap mendapatkan bantuan pemerintah untuk mengembangkan usahanya, seperti bantuan peralatan dengan teknologi moderen.***



Source: Kabar24

BERITA LAINNYA
Penjual Batu Akik Tewas Keracunan Obat Nyamuk Bakar
Minggu, 19 April 2015 | 09:48:06
Pekanbaru Adakan Kontes Batu Akik di Stadion Rumbai
Kamis, 12 Maret 2015 | 12:00:24
Bu Ani Posting Batu Akik Susilo Bambang Yudhoyono
Senin, 16 Februari 2015 | 10:27:51
Batu Giok Aceh Disebut Jadi Batu Mulia Terindah di Dunia
Selasa, 10 Februari 2015 | 23:04:45
Ini Batu Akik yang Cocok dengan Zodiak Kamu
Senin, 9 Februari 2015 | 02:34:57
Koleksi Batu Akik Ani Yudhoyono Ada Lafaz Allah
Senin, 9 Februari 2015 | 02:23:33
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top